Bola Basket

Timnas basket batal tampil di playoff kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Timnas basket batal tampil di playoff kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Tim nasional basket Indonesia berpose sebelum melakoni Windows III Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 menghadapi Filipina di Angeles City Foundation Gym, Filipina, Jumat (18/6/2021). (Dokumentasi FIBA)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Indonesia batal terjun dalam playoff kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 sehingga akan langsung tampil pada babak utama kejuaraan bola basket bergengsi Asia itu di Jakarta, 17-29 Agustus mendatang.

“Sesuai informasi dari FIBA, timnas basket Indonesia tidak perlu melakukan final qualifiers. Jadi kami tidak ikut playoff dan langsung ke FIBA Asia Cup,” ungkap Manajer Timnas Bola Basket Indonesia Maulana Fahreza Tamrella dalam siaran pers, Senin.

Timnas Indonesia awalnya dijadwalkan mengikuti playoff, yang merupakan kualifikasi terakhir FIBA Asia Cup 2021, pada 12-14 Agustus karena menempati peringkat ketiga Grup A.

Indonesia harus mengikuti playoff bersama peringkat ketiga lainnya demi memperebutkan empat slot tersisa untuk tampil pada babak utama FIBA Asia Cup 2021. 

Baca juga: Timnas basket punya dua PR jelang FIBA Asia Cup 2021 
Baca juga: Perbasi kembali terapkan sistem degradasi jelang FIBA Asia Cup 2021 


Dalam playoff, ada enam tim yang dibagi menjadi dua grup. Indonesia awalnya berada di Grup A bersama Guam dan Chinese Taipei. Kemudian Grup B ada India, Palestina dan Arab Saudi.

Namun Indonesia mendapat keistimewaan dari FIBA, yakni tidak harus ikut babak playoff karena berstatus sebagai tuan rumah.

Meski batal tampil di playoff, Fahreza mengatakan timnas akan menjadwalkan untuk menggelar laga uji coba sebelum playoff dimulai.

“Diharapkan timnas bisa uji tanding dengan negara-negara peserta playoff sebelum mereka bertanding di playoff,” ujar Fahreza. 

“Di antara lima negara peserta playoff mana saja yang memungkinkan untuk hadir di Jakarta lebih dahulu, dan ini subject to FIBA approval tentunya," tambahnya.

Menatap FIBA Asia Cup 2021, skuad asuhan Rajko Toroman itu sudah mulai berlatih kembali sejak 28 Juni lalu. Namun latihan yang biasanya dilakukan di GBK Arena Senayan, Jakarta, kini pindah ke Breeze, BSD, Serpong, Tangerang Selatan.

"Ada pemain baru kami panggil ikut pemusatan latihan. Namanya Sandy Ibrahim," kata Fahreza. 

Baca juga: Timnas basket tampil pada playoff FIBA Asia Cup untuk pemanasan 
Baca juga: Timnas basket Indonesia diminta tak cepat puas demi FIBA Asia Cup 2021 
Baca juga: Indonesia tekuk Thailand 86-69 di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Taklukkan Indonesia, pelatih dan pemain Korea puji Abraham Damar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar