Kendari (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat total warga di provinsi itu yang terinfeksi positif COVID-19 sudah sebanyak 11.985 setelah hari ini kembali bertambah 32 orang.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Sultra La Ode Rabiul Awal di Kendari, Senin, mengatakan perkembangan kasus COVID-19 di provinsi itu terus terjadi penambahan kasus positif baru dalam beberapa waktu terakhir.

"Hari ini kasus positif baru di Sulawesi Tenggara tercatat 32 orang tersebar di 12 daerah kabupaten/kota," kata dia.

Ia merinci penambahan kasus positif COVID-19 di Sultra terbanyak di Kota Kendari sembilan orang, Kabupaten Kolaka Utara tujuh, Konawe Selatan empat, Kolaka tiga, Buton dua, dan masing-masing satu dari Buton Tengah, Konawe, Bombana, Muna, Muna Barat, Kolaka Timur dan Kota Baubau.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Sultra bertambah 137 menjadi 11.816

Baca juga: Satgas: Kasus positif COVID-19 di Sultra tambah 198 jadi 11.678


Selain kasus positif baru, Satgas COVID-19 setempat juga mencatat terdapat dua penambahan kasus meninggal akibat terinfeksi virus itu yakni laki-laki 60 tahun asal Kota Kendari dan laki-laki 72 tahun asal Buton Utara.

"Sehingga kasus meninggal hingga hari ini akibat COVID-19 di Sulawesi Tenggara sebanyak 244 orang," ujar dia.

Sementara, pasien sembuh dari infeksi COVID-19 di daerah itu tercatat 34 orang dengan rincian Kota Kendari 25, Kabupaten Kolaka tujuh, Buton dan Buton Tengah masing-masing satu orang.

"Akumulasi pasien COVID-19 yang sembuh di Sultra hingga hari ini menjadi 10.411 orang dan yang menjalani isolasi dalam masa penyembuhan tercatat 1.330 orang," katanya.

Pria yang akrab disapa Dokter Wayonk ini mengajak semua pihak agar terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas, apalagi saat ini kasus COVID-19 semakin meningkat.

Selain mengingatkan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas produktif sehari-hari, Wayonk juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti vaksinasi COVID-19, guna meningkatkan imun tubuh dari virus corona.

"Protokol kesehatan dan vaksinasi saat ini menjadi hal penting dalam menekan angka kasus kita dan memutus mata rantai penularan COVID-19 yang saat ini mulai meningkat," ujar dokter Wayonk itu.*

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Sultra bertambah 100 dan meninggal 2

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Sultra bertambah 66 dan meninggal 3

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021