Carat (ANTARA) - Maxima Ccalla, 60, seorang wanita asli Quechua, telah menghabiskan hidupnya mengolah tanah yang keras di dataran tinggi Andes Peru, menyerah kepada nasib yang jauh dari kekayaan besar yang terpendam dalam di bawah kakinya, dalam wujud tembaga, seng dan emas.

Komunitas Andes di daerah asal Ccalla di Puno dan sekitarnya telah lama bentrok dengan perusahaan pertambangan yang menggali kekayaan mineral dari tanah.

Dalam wawancara baru-baru ini, banyak yang mengatakan bahwa mereka merasa didiskriminasi dan dipinggirkan, dan menuduh perusahaan pertambangan mencemari air dan tanah mereka.

Namun di negara yang masih di bawah bayang-bayang masa lalu kolonial itu, kebangkitan politisi luar, putra petani, memicu harapan perubahan. Ini juga menyoroti perbedaan mencolok antara dataran tinggi Andes pedesaan dan permukiman Amazon terpencil, dan kota-kota pesisir yang lebih kaya - dan lebih putih.

Pedro Castillo, yang memakai topi petani jerami dan mengeksploitasi asal-usul desanya yang sederhana, telah berjanji untuk memberikan suara kepada kelompok pedesaan Peru yang "terlupakan" dan mendistribusikan kembali kekayaan mineral di produsen tembaga terbesar kedua di dunia itu.

"Penjarahan telah berakhir, pencurian telah berakhir, penyerangan telah berakhir, diskriminasi terhadap rakyat Peru telah berakhir," katanya dalam sebuah pidato di Cuzco.

Sayap kiri yang secara sosial konservatif itu berada di puncak untuk dikukuhkan sebagai presiden setelah meningkatkan suara pedesaan dan penduduk asli, termasuk di daerah kaya mineral seperti Puno.

"Selama ini, pemerintah telah berjanji untuk menyelesaikan masalah kami tetapi tidak ada yang berubah," kata Ccalla di Quechua melalui seorang penerjemah saat bekerja di ladang di sekitar rumahnya di komunitas Carata.

"Sekarang, mudah-mudahan, dia akan memenuhi janjinya."

Ccalla adalah satu dari jutaan penduduk pedesaan Peru yang sebagian besar miskin yang memilih Castillo dalam pemilihan putaran kedua 6 Juni.

Mengenakan topi tradisional Montera berwarna-warni agar terlindung dari matahari, Ccalla memiliki tuntutan sederhana: dia menginginkan air minum yang aman.

'Salah satu dari kami''

Castillo menang tipis, yang sedang diselidiki setelah tekanan hukum dari saingan sayap kanannya Keiko Fujimori yang telah menuduh penipuan dan ingin mendiskualifikasi beberapa suara dari daerah pedesaan.

Pemantau pemilu mengatakan pemungutan suara dilakukan dengan bersih.

Ketegangan atas hitungan telah mengekspos kesenjangan rasial dan sosial-ekonomi di negara itu.

Lebih dari selusin pemimpin dan aktivis dari komunitas Quechua dan Aymara, yang tersebar di seluruh Andes, dan lainnya jauh di dalam hutan hujan Amazon ratusan mil di utara, berbicara kepada Reuters dengan jujur tentang diskriminasi yang mereka hadapi.

Di Puno, wilayah di mana Carata berada, Castillo mencetak sekitar 90% dari total hitungan suara. Logo partainya, pensil kuning dengan latar belakang merah, telah dicat di dinding rumah-rumah yang berjauhan - satu-satunya percikan warna cerah untuk jarak bermil-mil.

Meskipun Castillo tidak mengidentifikasi sebagai anggota komunitas adat, mereka yang berbicara kepada Reuters mengatakan bahwa mereka dapat berhubungan dengannya "sebagai salah satu dari kami" karena pendidikannya yang sederhana dan latar belakangnya sebagai seorang petani.

Seperti halnya Evo Morales dari Bolivia satu dekade lalu, mereka berharap dia akan memberikan perwakilan yang lebih besar kepada kelompok-kelompok yang terpinggirkan, dan pendekatan pertambangan yang lebih dipimpin negara untuk mendorong pengeluaran sosial yang lebih tinggi.

"Sekarang kita melihat banyak kemungkinan untuk masa depan - dia akan menjadi presiden yang baik," kata Rene Belizario, 34, seorang warga Quechua. Tapi, dia menambahkan, "ini adalah kesempatan kami dan jika dia tidak memenuhinya, orang-orang akan bangkit. Akan ada protes."

Belizario, ayah dari tiga anak laki-laki, mengatakan dia berharap Castillo akan "memulihkan" tambang di daerah yang dioperasikan oleh perusahaan swasta untuk mendistribusikan kembali keuntungan dan menciptakan lapangan kerja.

Pertambangan adalah pendorong utama ekonomi Peru. Logam adalah ekspor terbesar negara itu dan Castillo, bahkan dengan rencananya untuk mengguncang segalanya, perlu menegosiasikan jalannya ke depan.

Dan apa yang diinginkan masyarakat adat berbasis pertanian dalam hal pembangunan jarang sejalan dengan gagasan pemerintah di Lima yang jauh, kata Vito Calderon, seorang Aymara yang ikut serta dalam protes tahun 2011 terhadap proyek pertambangan.

'Tanah kami dicuri'

Castillo bukanlah pemimpin pribumi pertama Peru.

Alejandro Toledo, seorang Quechua yang menjadi presiden pada awal 2000-an, telah memicu harapan di antara kelompok-kelompok Andes bahwa dia akan memberi mereka lebih banyak perhatian, meskipun sebagian besar membuat mereka kecewa.

Baru-baru ini, presiden sayap kiri Ollanta Humala juga menjanjikan dialog dengan kelompok-kelompok pribumi tetapi dikritik karena mendorong kepentingan minyak atas upaya mempertahankan hak tanah mereka.

Para pemimpin adat mengatakan kepada Reuters bahwa mereka telah memutuskan untuk mendukung Castillo setelah dia bertemu dengan mereka untuk mendengar tuntutan mereka dan berjanji untuk melindungi tanah adat dan mendorong konstitusi baru.

Melania Camales, yang mewakili wanita pribumi di Amazon, termasuk di antara mereka yang bertemu dengannya. Dia memiliki harapan untuk dia sebagai presiden, tapi tahu itu tidak akan mudah.

"Selama beberapa dekade, tanah kami telah dicuri oleh perusahaan swasta, dikonsesi oleh pemerintah," katanya. Sekitar 200 tahun pendidikan kolonialis, rasis, sentimen kelas dan chauvinis laki-laki" akan sulit dihapus, tambahnya.

"Kami tahu dia bisa mengkhianati kami dan kekuasaan bisa merenggut kepalanya. Tapi hal terakhir yang harus hilang dari kami sebagai masyarakat adat adalah harapan."

Lama merasa didiskriminasi karena status sosial dan ekonomi atau warna kulit mereka, banyak yang mengatakan kepada Reuters bahwa masalahnya menjadi lebih jelas selama pemilihan.

AIDESEP, sebuah organisasi payung untuk masyarakat adat Peru di hutan hujan Amazon, mengecam upaya untuk membatalkan suara pedesaan sebagai "menyangkal keberadaan kami."

"Mereka tidak mengerti bahwa negara kami, Peru, adalah majemuk - bukan hanya ibu kota Lima," kata Lourdes Huanca, seorang Aymara dan aktivis hak di organisasi lain, FENMUCARINAP.

Diskriminasi itu sistematis, katanya. "Bagi mereka, kami tidak mampu; bagi mereka, kami tidak tahu cara berpikir; menurut mereka, kami tidak bisa mengambil keputusan."

Kembali ke Carata, sapi-sapi kurus dengan tulang rusuk menonjol yang digembalakan di tumbuhan yang dibakar oleh matahari dataran tinggi; panen kentang diletakkan di luar untuk pengeringan beku di udara malam yang dingin; anak-anak bertelanjang kaki, dengan pipi merah, membungkus domba yang baru lahir dengan selimut untuk mengatasi kedinginan.

Untuk Ccalla dan lainnya, ketakutannya adalah bahwa pembangunan mengikis cara hidup - jauh lebih tua dari 200 tahun (keberadaan) Peru.

"Kami merasa rentan dan didiskriminasi tetapi kami sangat khawatir dengan air dan tanah yang terkontaminasi, kami tidak dapat berjuang untuk perkara yang lebih besar," katanya.

Sumber: Reuters
Baca juga: Ditemukan Suku Terasing di Amazon
Baca juga: Peru akan berinteraksi untuk pertama kalinya dengan suku pedalaman
Baca juga: Kebakaran Hutan Amazon Peru berhasil dipadamkan

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021