Dalam waktu kurang lebih 24 jam ini beliau mengalami penurunan saturasi oksigen yang cukup cepat
Temanggung (ANTARA) - Mantan Bupati Temanggung periode 2008-2013 Hasyim Afandi (75) tutup usia di RSUD Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, karena terjangkit COVID-19.

Direktur RSUD Kabupaten Temanggung Tetty Kurniawati di Temanggung, Jawa Tengah, Senin, menyampaikan mantan Bupati Temanggung Hasyim Afandi meninggal dunia sekitar pukul 14.45 WIB di ruang ICU COVID-19 RSUD Temanggung.

Ia menyampaikan pada Minggu (4/7) sekitar pukul 17.00 WIB pihaknya dikabari bahwa yang bersangkutan mengalami batuk dan sedikit sesak napas dan sudah dilakukan tes usap antigen hasilnya positif.

Baca juga: 31 karyawan RSUD Temanggung terpapar COVID-19

Kemudian dibawa ke RSUD Temanggung masuk ke ruang isolasi COVID-19 dan terus dalam pantauan petugas medis.

"Dalam waktu kurang lebih 24 jam ini beliau mengalami penurunan saturasi oksigen yang cukup cepat, kami berikan alat bantu napas yang kapasitas lebih tinggi, yang tadinya dengan NRM, kami bantu dengan HFNC tetapi saturasinya tetap tidak mau ngangkat kemudian kami upayakan dengan memindahkan beliau ke ruang ICU," katanya.

Ia mengatakan pada waktu akan dipasang ventilator ternyata Allah berkehendak lain.

Baca juga: RSUD Temanggung krisis oksigen untuk pasien COVID-19

Sekitar pukul 17.00 WIB jenazah Hasyim Afandi dishalatkan di teras Gedung B RSUD Temanggung. Sejumlah pejabat yang ikut shalat jenazah, antara lain Sekda Temanggung Hary Agung Prabowo, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, Kajari Temanggung Sunanto, Dandim Temanggung Letkol CZi Kurniawan Hartanto, dan Bupati Temanggung M. Al Khadziq.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq menyampaikan seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung kehilangan sosok pemimpin dengan meninggalnya Hasyim Afandi.

Baca juga: Pegawai tertular COVID-19, Dindukcapil Temanggung setop layanan luring

"Kami semua kehilangan orang tua, Bapak kami, guru kami, kiai kami, pemimpin kami, bapak seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung KH Hasyim Afandi Bupati Temanggung periode 2008-2013," katanya.

Ia menyampaikan kemarin KH Hasyim Afandi menderita sakit, lalu dibawa ke rumah sakit, tetapi hari ini Allah memanggilnya.

Baca juga: Calon mempelai positif COVID-19 warga Temanggung gelar lamaran virtual

"Mari kita doakan bersama kepergian beliau, semoga almarhum husnul khatimah, dimaafkan semua khilaf, semua salahnya selama hidup di dunia dan semoga semua amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT dan menjadi jalan untuk menuju ke surgaNya Allah SWT," katanya.

Hasyim Afandi yang juga pernah menjadi Bupati Magelang periode 1999-2004 ini, jenazahnya akan dimakamkan di Kampung Besaran, Kelurahan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan, Temanggung.

Baca juga: Naik empat kali lipat, positif COVID-19 di Temanggung jadi 240 orang

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021