Anti Hoax

WNA China tiba di Soekarno-Hatta saat PPKM Darurat? Cek faktanya!

WNA China tiba di Soekarno-Hatta saat PPKM Darurat? Cek faktanya!

ARSIP - Sejumlah warga negara asing (WNA) dengan menggunakan baju hazmat memasukkan barang bawaannya ke dalam bus saat hendak menuju tempat karantina setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/1/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar luas video sepanjang 32 detik di Facebook, dengan narasi kedatangan warga negara asing (WNA) asal China saat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali.

Rekaman yang memperlihatkan puluhan orang membawa koper sedang lalu-lalang itu diklaim berlangsung di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada 3 Juli 2021.

Berikut narasi yang termuat dalam video di Facebook tersebut:
"SKENARIO PEMERINTAH. KATANYA PPKM DARURAT, TAPI NYATANYA WNA CHINA SETIAP HARI BERDATANGAN DI BANDARA SOEKARNO HATTA. APA ARTINYA SANDIWARA INI, SEMUANYA OMONG KOSONG???.....".

Lalu, benarkah video itu merupakan WNA yang tiba di Indonesia saat PPKM Darurat?
 
Tangkapan layar video yang menyatakan WNA China tiba di Indonesia saat PPKM Darurat. (Facebook)


Penjelasan:
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, dalam unggahannya pada 4 Juli 2021, menjelaskan video yang beredar itu diambil pada Juni 2020, jauh sebelum PPKM Darurat diberlakukan.

Rombongan dalam video tersebut adalah WNA Tiongkok yang hendak keluar wilayah RI menggunakan pesawat sewaan dengan penerbangan Manado-Jakarta-Nanning, demikian keterangan yang dihimpun dalam unggahan akun Twitter @imigrasi_soetta.

"Jadi udah jelas ya, informasi di video tersebut ADALAH HOAX. Jangan salah paham apalagi ketriger gara-gara hoax unfaedah gini ya fellas," demikian keterangan dalam unggahan akun @imigrasi_soetta.
 
Klaim: WNA China tiba di Soekarno-Hatta saat PPKM Darurat
Rating: Salah/Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Video radar enam pesawat diduga berisi WNA

Cek fakta: Indonesia larang WNA masuk saat corona kecuali TKA China? Ini penjelasannya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ridwan Kamil minta pantau 3000-an WNA China di Jabar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar