Alhamdulillah diterima dan masuk nominator
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat masuk sebagai nominator dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2021 untuk menjadi kampung adat terpopuler yang bersaing dengan sembilan kampung adat lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sebelumnya kami telah mengusulkan agar Kampung Adat Sirnaresmi yang berada di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok untuk masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2021 kepada panitia, dan alhamdulillah diterima dan masuk nominator," kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi Rose Neverterry, di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, dalam nominasi tersebut ada 10 kampung adat yang bersaing untuk dinobatkan sebagai kampung adat terpopuler dari Anugerah Pesona Indonesia 2021. Tentunya, perlu dukungan agar kampung adat yang berada di kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini menjadi pemenang bukan sebatas nominator saja.

Adapun bentuk dukungan tersebut dengan mengirim SMS sebanyak-banyaknya dengan cara ketik API 11H kirim ke 99386 dan serta like (sukai) video Youtube Kasepuhan Sirnaresmi di channel @apiaward dan bisa dengan melakukan vote like di Instagram @ayojalanjalanindonesia cari kategori Kampung Adat kode 11H.

Dukungan ini sangat berarti agar keberadaan Kampung Adat Sirnaresmi ini semakin dikenal warga di seluruh daerah hingga pelosok Indonesia bahkan sampai mancanegara. Apalagi kampung adat ini berada di kawasan UGG Ciletuh Palabuhanratu, sehingga semakin menambah pesona dunia pariwisata Kabupaten Sukabumi.

"Kami berharap seluruh warga khususnya dari Sukabumi untuk memberikan dukungannya, karena Kampung Adat Sirnaresmi ini merupakan kebanggaan kita semua," katanya pula.

Humas Kampung Adat Kasepuhan Sirnaresmi Saragosa Gia mengatakan pihaknya tidak menyangka bisa masuk sebagai nominator di Anugerah Pesona Indonesia 2021 bersama sembilan kampung adat lainnya. Selain menjadi kebanggaan, melalui ajang tersebut tentunya keberadaan kasepuhan ini bisa semakin dikenal luas.

Kampung Adat Sirnaresmi ini harus dirawat, dijaga dan dilestarikan adat istiadatnya khususnya kebudayaan Sunda yang merupakan warisan leluhur. "Kampung adat ini terdapat sejumlah destinasi wisata baik wisata budaya maupun karuhun," katanya pula.

Informasi yang dihimpun, selain Kampung Adat Sirnaresmi, sembilan nominator lainnya adalah Kampung Adat Bawomataluo di Kabupaten Nias Selatan, Desa Adat Hukaea di Kabupaten Bombana, Kampung adat Desa Sentajo di Kabupaten Kuantan Singingi, Kampung Adat Gumantar di Kabupaten Lombok Utara.

Kemudian, Kampung Adat Bena Baru di Kabupaten Berau, Kampung Adat Tana Toa di Kabupaten Bulukumba, Kampung Adat Balai Kaliki di Kota Payakumbuh, Kasepuhan Citorek di Kabupaten Lebak, dan Kasepuhan Lewokluok di Kabupaten Flores Timur.
Baca juga: Longsor landa kampung adat Sirnaresmi Sukabumi

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021