Komite vaksinasi nasional memiliki pandangan positif mengenai vaksinasi sukarela bagi remaja berusia 15-17 tahun, asalkan mengantongi persetujuan orang tua,
Athena (ANTARA) - Komite vaksinasi Yunani pada Senin (5/7) merekomendasikan vaksinasi remaja berusia 15-17 tahun sebagai bagian dari upaya perlindungan terhadap COVID-19 dan variannya.

Seperti yang terjadi, mereka yang berusia di bawah 18 tahun tidak disuntik vaksin. Rekomendasi komite perlu disetujui oleh pemerintah sebelum menjadi kebijakan.

"Komite vaksinasi nasional memiliki pandangan positif mengenai vaksinasi sukarela bagi remaja berusia 15-17 tahun, asalkan mengantongi persetujuan orang tua," kata Maria Theodoridou, ketua komite kepada awak media.

Pada Senin otoritas kesehatan melaporkan 801 kasus terkonfirmasi dan enam kematian COVID-19, sehingga masing-masing totalnya menjadi 426.963 kasus dan 12.743 kematian sejak kasus pertama dilaporkan pada Februari tahun lalu.

"Musim panas kali ini dihantui oleh varian Delta, yang dapat mudah menular dalam waktu paparan yang sangat singkat," kata Theodoridou. "Kami yakin (vaksinasi remaja) merupakan satu langkah aman menuju hidup normal," tuturnya.

Hingga Senin 38,2 persen penduduk Yunani yang memenuhi syarat telah menerima dosis lengkap vaksin, sementara 47,7 persen baru menerima satu dosis, kata pejabat.

Sumber: Reuters

Baca juga: Yunani berencana mulai vaksinasi COVID Johnson & Johnson 5 Mei
Baca juga: Yunani, Israel teken kesepakatan longgarkan pembatasan perjalanan
Baca juga: Kaum muda sebabkan gelombang baru COVID-19 di Yunani

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021