Artikel

Daftar 11 telemedisin gratis dan layanan yang disediakan

Oleh Maria Cicilia

Daftar 11 telemedisin gratis dan layanan yang disediakan

Ilustrasi telemedicine (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah telah menggandeng 11 jasa telemedisin swasta untuk memberikan pelayanan gratis terhadap pasien COVID-19 dengan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

11 layanan konsultasi kesehatan digital yang bekerja sama dengan pemerintah adalah Alodokter, Getwell, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, KlikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ dan YesDok.

Baca juga: Pemerintah sediakan 11 jasa telemedicine gratis bagi pasien isoman

Aplikasi telekomunikasi tersebut dapat diakses secara gratis oleh masyarakat yang membutuhkan konsultasi dokter untuk memperoleh panduan yang benar mengenai konsumsi obat atau vitamin saat melakukan isoman di rumah.

Selain itu, 11 layanan telemedisin ini juga menyediakan obat yang sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan. Pasien COVID-19 dengan gejala ringan pun tidak perlu mengantre ke rumah sakit dan bisa mendapatkan akses dan layanan medis yang tepat waktu.

Berikut ini adalah daftar 11 telemedisin dan jenis layanan yang diberikan, dihimpun dari berbagai sumber.

Alodokter

Aplikasi ini dapat diakses melalui Android dan juga iOS. Alodokter sendiri sudah melayani konsultasi pasien COVID-19 sejak tahun 2020.

Alodokter tidak hanya menyediakan jasa konsultasi gratis, tetapi juga obatnya. Platform ini akan memberikan paket obat sesuai dengan kategori pasien seperti tanpa gejala, ringan atau sedang. Obat-obat tersebut dapat ditebus di semua apotek Kimia Farma.

Jika gejala yang dialami pasien tidak masuk dalam paket obat yang diberikan pemerintah, maka pasien dapat menebus obat di apotek terdekat.

Alodokter menyediakan 30 dokter yang khusus melayani pasien COVID-19 secara virtual selama 24 jam.

KlikDokter

Aplikasi ini menyediakan layanan konsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan mendiagnosa pasien berdasarkan hasil konsultasi untuk selanjutnya dilakukan penanganan berdasarkan kondisi tiap pasien.

Dokter akan memberikan resep yang kemudian akan disiapkan oleh fasilitas pelayanan kefarmasian yang telah ditunjuk Kementerian Kesehatan.

"Pasien yang menjalani isolasi mandiri cukup berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi KlikDokter, sehingga dapat mengurangi beban pasien yang menumpuk di rumah sakit," ujar Bonny Mateus Anom, Direktur PT Medika Komunika Teknologi (KlikDokter) dalam siaran resminya pada Selasa.

KlikDokter juga menyediakan paket isolasi mandiri dengan tambahan berbagai vitamin produksi Kalbe. Jenis vitamin yang disediakan disesuaikan dengan pedoman yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan seperti vitamin C, D, E dan multivitamin B.

Baca juga: Pemerintah tempuh sejumlah upaya mengatasi kelangkaan obat

Baca juga: IDI usulkan Kemenkes sediakan sistem telemedisin untuk isoman COVID-19

Baca juga: Aplikasi telemedisin aido health tambah fitur baru

 

Oleh Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenkes imbau pasien isoman manfaatkan 11 layanan Telemedicine

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar