Serbia, Elang Putih dari Balkan

Serbia, Elang Putih dari Balkan

Tim Nasional Sepakbola Serbia melakukan selebrasi setelah berhasil menciptakan gol ke gawang Prancis dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2010. 9/9/2009 (ANTARA/REUTERS/Marko Djurica)

Serbia memainkan pertandingan internasionalnya secara mandiri sebagai negara independen pada 16 Agustus 2006 ketika memenangkan laga tandang melawan Republik Ceko.

Sebelumnya mereka adalah bagian dari Socialist Federal Republic of Yugoslavia (Yugoslavia dan Serbia dan Montenegro) yang telah bubar.

Bekas SFR Yugoslavia itu telah berpartisipasi sembilan kali di Piala Dunia antara tahun 1930 hingga 2002, dan sebagai runner up Kejuaran UEFA dua kali.

Selanjutnya, di Jerman 2006, Serbia dan Montenegro kalah di tiga pertandingan kompetisi grup untuk jatuh di rintangan pertama.

Sementara ketika masih sebagai Serbia dan Montenegro mereka mengenakan kaos tim warna biru, Serbia sekarang berkostum merah dan memiliki julukan baru Beli Orlovi (Elang Putih/White Eagles).

Sebelum ke Afrika Selatan, Serbia membuat hasil imbang di fase pertama kualifikasi zona Eropa, sehingga bersama-sama Austria dan Romania berebut tempat kedua di bawah Prancis.

Meskipun Les Bleus mengalahkan Beli Orlovi 2-1 di laga tandang kedua di Saint Denis, tim asuhan Radomir Antic itu menang di lima pertandingan berikutnya untuk memimpin empat poin di awal sesi itu.

Ditahan imbang di Prancis 1-1, membuat Serbia membutuhkan kemenangan di pertandingan kualifikasi terakhir menghadapi Romania untuk memastikan satu tempat di Afrika Selatan, dan mereka membuktikannya dengan kemenangan sukses 5-0 di Belgrade.

Pemain Bintang

Dikenal luas sebagai salah satu centre-back terbaik dunia, pemain Manchester United Nemanja Vidic adalah karang di jantung pertahanan Serbia. Jago dalam tackle dan kuat di udara, pemain berusia 28 tahun itu juga pemain liga utama Inggris musim lalu.

Pemain tengah multifungsi Dejan Stankovic yang memainkan pertandingan internasional sejak 1998, sekarang kapten tim negara ini, sementara Marko Pantelic dan Milan Jovanovic selalu membawa ancaman dalam serangan.

Pelatih
Karir bermain Radomir Antic diantaranya penampilan mengesankan delapan tahun bersama Partizan, dan menjalankan tugas di Turki, Spanyol, serta Inggris, tetapi dalam hal kendali pembinaan ia benar-benar mulai diperhitungkan.

Dia memimpin Zaragoza, Real Madrid, dan Oviedo sebelum mendarat di Atletico Madrid, memandu perolehan gelar ganda La Liga/Copa del Rey dalam musim pertamanya tahun 1995/96.

Antic tiga musim mengendalikan Atletico, sebelum kemudian meninggalkannya sejak tiga tahun lalu karena terpilih sebagai pelatih Serbia pada 2008.

Berkat keahlian taktis dan kemampuan untuk memperoleh yang terbaik, Serbia dibawanya ke Afrika Selatan 2010.

Piala Dunia Sebelumnya
  • Serbia akan tampil di Piala Dunia sebagai Republic of Serbia untuk kali pertama di Afrika Selatan.
  • Mereka merupakan bagian tim bersama Yugoslavia dalam sembilan edisi Piala Dunia, dan berkompetisi sebagai tim Serbia Montenegro di Jerman 2006.
Apa Kata Mereka:
"Kami senang telah membukukan tempat di Afrika Selatan. Kami telah membuktikan diri menjadi tim kuat. Saya yakin bahwa kami akan memainkan yang terbaik yang kami bisa dan tidak membiarkan penggemar kami di Piala Dunia turun," pemain depan Serbia Nikola Zigic. (*)

(S026/B010)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Sumsel siapkan 6 stadion sambut Piala Dunia U-20

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar