Belitung, Babel (ANTARA) - Angkatan Laut di 54 negara akan mengikuti "Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2022" di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai bentuk gagasan Pemerintah Indonesia memelihara perdamaian dan stabilitas keamanan maritim nasional dan internasional.

"Saya berterima kasih karena sudah memberi kesempatan Belitung menjadi tuan rumah MNEK, karena dapat mempromosikan destinasi wisata di negeri laskar pelangi ini," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan saat pertemuan dengan Danguspurla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Dato Rusman di Belitung, Selasa.

Ia mengatakan kegiatan MNEK 2022 untuk membahas "4th Multilateral Naval Exercise Komodo 2022" dengan tema "Cooperation to Strengthen International Maritime Security" akan digelar di Pulau Belitung dan Kepulauan Seribu DKI Jakarta merupakan gagasan Pemerintah Indonesia dalam memelihara perdamaian dan menjaga stabilitas keamanan kawasan maritim baik nasional maupun internasional.

Baca juga: Kapal dan pesawat tempur dari 54 negara kunjungi Belitung

"Kegiatan ini salah satu bentuk diplomasi Pemerintah Indonesia melalui TNI AL dengan jmenghadirkan Angkatan Laut seluruh dunia di wilayah perairan Indonesia dalam rangka melaksanakan kegiatan dan latihan bersama," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan ini sebagai ajang memperkenalkan wilayah perairan Indonesia kepada negara lain sekaligus mengangkat potensi pariwisata dan budaya setempat kepada internasional.

"Kegiatan ini menjadi kesempatan emas bagi pemerintah daerah sebagai ajang promosi daerah mengenalkan lokasi wisata Belitung kepada wisatawan asing," katanya.

Baca juga: Babel tuan rumah Multilateral Naval Exercise Komodo

Danguspurla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Dato Rusman mengatakan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam MNEK, antara lain, Opening Ceremony, Table Top Exercise, Command Post Exercise, VIP Program, Civic Program, Sport Program, Culture Program, Exhibition Program, Field Training Exercise, Hot Wash Up, Closing Ceremony.

"Syukurlah kalau niat kami ini didukung. Saya juga tersanjung dengan sambutan hangat dari bapak gubernur. Akan kami usahakan untuk memberikan yang terbaik bagi Babel," katanya.

Baca juga: MNEK 2018 ajang membangun budaya maritim Indonesia

Pewarta: Aprionis
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021