Alvian Wardhana raih Diana Award 2021

Alvian Wardhana raih Diana Award 2021

Alvian Wardhana dari Ashoka Young Changemaker dan Literasi Anak Banua. ANTARA/Handout/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pemuda yang tergabung di Ashoka Young Changemaker, Alvian Wardhana, berhasil meraih The Diana Award 2021 pada 28 Juni 2021.

Mengutip keterangannya pada Selasa, penghargaan Diana Award diberikan kepada generasi muda yang dianggap mengubah dunia menjadi lebih baik.

Melalui Literasi Anak Banua, Alvian mengubah kesenjangan pendidikan yang terjadi di desa-desa Kalimantan Selatan melalui pendidikan dan literasi. Acara pengumuman dan penganugerahan Diana Award dilakukan secara daring, dan dihadiri salah satunya oleh Pangeran Harry, The Duke of Sussex.

Baca juga: Pangeran William dan Harry rukun saat resmikan patung Putri Diana

Baca juga: Literasi rendah, anak 6-10 tahun mulai dilatih konsep keuangan syariah


 
Daftar penerima penghargaan Diana Award. ANTARA/Handout/aa.

Bersama komunitas yang ia bangun, yaitu Literasi Anak Banua, Alvian memperjuangkan kualitas pendidikan untuk anak-anak pedesaan dengan memadukan pembelajaran akademik dan ekstrakurikuler seperti membaca puisi dan bercerita.

Literasi Anak Banua telah menjangkau 17 desa di Kalimantan Selatan dan ada lebih dari 2 ribu anak mendapatkan hak untuk belajarnya kembali. Di lain hal, Alvian juga mendorong anak-anak untuk bisa mengeksplor lebih banyak budaya hingga potensi diri mereka sebagai seorang pembaharu.

The Diana Awards adalah penghargaan prestisius yang diberikan untuk anak muda pembaharu yang telah memberikan kontribusi tanpa pamrih untuk masyarakat. Pertama kali dibentuk pada Tahun 1999, The Diana Award diadakan agar warisan Putri Diana dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi atas perubahan di masa depan.

Penghargaan ini sendiri didirikan untuk mengenang Putri Dunia dimana penghargaan ini diberikan oleh badan amal dengan nama yang sama dan mendapatkan dukungan dari dukungan dari kedua putranya, The Duke of Cambridge Pangeran William dan The Duke of Sussex Pangeran Harry.

Seremoni tahunan diadakan menjelang peringatan ulang tahun Putri Diana ke-60. Melalui penghargaan ini, setiap penerima penghargaan akan menerima program mentorship dan anti-bullying untuk meningkatkan kapasitas diri mereka.

Baca juga: Adeline Suwana raih penghargaan Diana Award

Baca juga: Pelajar Indonesia raih Diana Award

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar