Jepang akan kirim tambahan 1,1 juta vaksin AstraZeneca ke Taiwan

Jepang akan kirim tambahan 1,1 juta vaksin AstraZeneca ke Taiwan

Seorang petugas medis menyuntikkan dosis vaksin AstraZeneca untuk melawan penyakit virus korona (COVID-19) kepada seorang perempuan dalam sesi vaksinasi untuk orang tua berusia 75 tahun ke atas, di sebuah stadion di New Taipei City, Taiwan, Jumat (25/6/2021). (ANTARA/REUTERS/Ann Wang/hp/cfo.)

Tokyo (ANTARA) - Jepang akan mengirimkan tembahan sekitar 1,1 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca Plc ke Taiwan, kata Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi pada Selasa.

Pernyataan itu disampaikan oleh Motegi setelah Jepang sebelumnya mengirimkan 1,24 juta dosis vaksin COVID pada bulan lalu.

Motegi mengatakan pada sebuah konferensi pers bahwa vaksin tambahan untuk Taiwan itu akan dikirim pada Kamis (8/7).

Selain itu, Jepang berencana mengirimkan masing-masing 1 juta dosis vaksin COVID ke Thailand, Filipina, dan Vietnam pada pekan ini, menyusul sumbangan sebelumnya ke Indonesia dan Malaysia.

Pada pertengahan Juli, Jepang akan memulai pengiriman 11 juta dosis vaksin COVID melalui fasilitas COVAX, yang menyediakan vaksin untuk negara-negara yang membutuhkan, untuk negara-negara di Asia Selatan dan kepulauan Pasifik, kata Motegi.

Jepang telah menjanjikan dana sebesar 1 miliar dolar AS dan 30 juta dosis vaksin untuk skema vaksin global, COVAX, dan pada bulan lalu mengatakan bahwa pengiriman langsungnya ke negara-negara tetangga Asia sedang dilakukan dengan lebih cepat.
Baca juga: Jepang akan beri Taiwan, Vietnam masing-masing 1 juta vaksin COVID
Baca juga: Taiwan tuding China halangi kontrak vaksin COVID BioNTech


Sumber: Reuters

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Suharto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Indonesia terima 224 ribu dosis vaksin AstraZeneca dari Jepang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar