Besok Gubernur terpilih Provinsi Jambi dilantik Presiden

Besok Gubernur terpilih Provinsi Jambi dilantik Presiden

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Al Haris (kanan) dan Abdullah Sani (tengah) didampingi perwakilan partai pengusung berjalan keluar usai mendaftarkan diri sebagai calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi di Jambi, Jumat (4/9/2020). (Dok ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan).

Jambi (ANTARA) - Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Provinsi Jambi Al Haris-Abdullah Sani akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (7/7) di Istana Negara.

"Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dilaksanakan besok di Istana Negara sekitar pukul 15.30 WIB," kata Kepala Biro Pemerintah Setda Provinsi Jambi Rahmad Hidayat di Jambi, Selasa.

Dijelaskan Rahmad Hidayat karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat maka tamu undangan yang hadir dalam pelantikan tersebut terbatas dan pelantikan tersebut dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Dari Pemerintah Provinsi Jambi yang turut hadir dalam pelantikan tersebut yakni Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto.

Baca juga: KPU Provinsi Jambi tetapkan Al Haris sebagai calon gubernur terpilih

Baca juga: KPU Jambi tetapkan Al Haris-Abdullah Sani raih suara terbanyak PSU


Dan dari kementerian hanya ada empat menteri yang menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Tersebut. Diantaranya Menteri Sekretaris Negara Partikno, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohamad Mahfud, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

"Di Provinsi Jambi nanti akan dilakukan penyambutan yang dipersiapkan oleh Adpim," kata Rahmad Hidayat.

Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih tersebut berhasil meraih suara terbanyak pada pemilihan kepala daerah 9 Desember tahun 2020 serta mengokohkan perolehan suara terbanyak pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan pada 27 Mei 2021.

Pada pemilihan kepala daerah tersebut Al Haris-Abdullah Sani meraih suara sebanyak 600.733 suara yang mengungguli dua kandidat lainnya. Yakni Cek Endra-Ratu Munawaroh dengan perolehan suara sebanyak 587.918 suara dan Fachrori Umar-Syafril Nursal yang memperoleh 381.634 suara.

Dengan dilantik-nya Al Haris sebagai Gubernur Jambi periode 2021-2024 maka secara otomatis mengangkat Mashuri yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Kabupaten Merangin periode 2018-2023 menjadi Bupati Merangin periode 2021-2023. Karena saat mencalonkan diri sebagai Gubernur Jambi Al Haris menjabat sebagai Bupati Kabupaten Merangin.*

Baca juga: Bupati Merangin siapkan hukum adat bagi pelanggar protokol kesehatan

Baca juga: Bupati Merangin ajak warga manfaatkan lahan untuk pelihara ikan

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar