Jakarta (ANTARA) - Pelatih Spanyol Luis Enrique mengambil langkah mengejutkan dengan mengeluarkan striker Alvaro Morata dari susunan sebelas pemain pertama untuk laga semifinal Euro 2020 melawan Italia di Wembley, Rabu dini hari ini.

Morata yang bermain untuk Juventus selalu diturunkan sebagai starter dalam Euro 2020 namun kini diganti oleh pemain yang memastikan Spanyol melangkah ke semifinal, Mikel Oyarzabal, yang untuk pertama kalinya diturunkan sebagai starter.

Namun pemain RB Leipzig Dani Olmo juga diturunkan sebagai starter guna menggantikan Pablo Sarabia yang cedera, sedangkan Eric Garcia menggantikan Pau Torres di jantung pertahanan.

Pelatih Italia Roberto Mancini hanya mengubah satu pemainnya dari skuad yang mengalahkan Belgia dalam perempat final di mana bek Chelsea Emerson Palmieri masuk menggantikan Leonardo Spinazzola yang cedera.

Baca juga: Italia vs Spanyol bakal diwarnai pertarungan perebutan penguasaan bola
Baca juga: Bek Italia Leonardo Spinazzola jalani operasi tendon achilles


Spinazzola yang menjadi salah satu pemain Italia yang menonjol selama turnamen ini harus menjalani bedah akibat cedera otot Achilles yang dialaminya sewaktu menghadapi Belgia sehingga akan absen dalam sisa turnamen ini.

Italia hanya pernah dua kali mengalahkan Spanyol dalam 14 pertemuan terakhir pada semua kompetisi, yakni menang 2-1 dalam laga persahabatan 2011 dan 2-0 dalam 16 besar Euro 2016 berkat gol Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle.

Susunan sebelas pemain pertama kedua tim seperti dikutip Reuters:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini (kapten), Emerson Palmieri; Jorginho, Marco Verratti, Nicolo Barella; Federico Chiesa, Lorenzo Insigne, Ciro Immobile

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Sergio Busquets (kapten), Koke, Pedri; Ferran Torres, Dani Olmo, Mikel Oyarzabal

Baca juga: Preview semifinal Euro 2020: Spanyol vs Italia Rabu dini hari
Baca juga: Alasan Spanyol atau Italia akan juarai EURO 2020
Baca juga: UEFA undang Christian Eriksen dan paramedisnya tonton final Euro 2020

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021