UMB Jakarta peroleh dana hibah PHP2D dari Kemendikbudristek

UMB Jakarta peroleh dana hibah PHP2D dari Kemendikbudristek

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta. (ANTARA/HO-UMB Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Empat Organisasi Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta (UMB Jakarta) memperoleh dana hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Kepala Bagian Pembinaan Karakter dan Penalaran Mahasiswa, Sri Wulandari S.Psi di Jakarta, Selasa mengatakan empat organisasi mahasiswa UMB Jakarta yang lolos mendapat dana PHP2D 2021 adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Oase, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Komunitas Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Kranggan.

PHP2D merupakan agenda tahunan yang rutin diadakan. Sebelumnya program ini bernama Program Dana Hibah Bina Desa (PDHBD).

"Dari delapan proposal yang diajukan empat diantaranya lolos didanai," katanya.

Dalam program tersebut, ia menyampaikan, HIMA Teknik Sipil mengangkat judul "Pemberdayaan Home Industri Dengan Menghadirkan Konveksi Mini Dan Bimbingan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Desa Mekarsari, Subang".

Komunitas LDK Kranggan mengusung judul "Pemanfaatan Limbah Sampah Organik Sebagai Budidaya Maggot dan Edukasi Budidaya Hidroponik di Desa Pasirangin, Kecamatan Cileungsih, Kabupaten Bogor".

Sementara itu, UKM Oase mengambil judul "Pemberdayaan Masyarakat Desa Wisata Ciampea Udik Menjadi Destinasi Wisata Kopi Liong Melalui Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata)".

Dan HIMA Teknik Industri mengangkat judul "Pemberdayaan Kelompok Tani Desa Ciasihan Melalui Penerapan Teknologi Oven Pengering Untuk Meningkatkan Produksi Padi".

Wakil Rektor Pembelajaran, Ristek dan Kemahasiswaan, Dr Harwikarya, MT mengharapkan pelaksanaan PHP2D oleh empat organisasi mahasiswa UMB Jakarta itu nantinya dapat membantu dan mendorong perekonomian masyarakat. Dengan demikian masyarakat bisa mandiri dan berdaya saing.

"Meskipun ada pandemi, diharapkan pembinaan ke desa secara holistik bisa tetap dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat sehingga dapat memicu semangat mahasiswa lain untuk lebih aktif dan inovatif," katanya.

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dorong PTM, Kemendikbudristek tak henti sosialisasikan prokes

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar