Jakarta (ANTARA) - Italia dan Spanyol sama-sama belum bisa memecahkan kebuntuan dalam laga semifinal Euro 2020 antara mereka di Stadion Wembley, London, Rabu dini hari, dengan kedudukan masih 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Sekalipun Spanyol mendominasi laga ini, Italia menjadi tim pertama yang membuat ancaman terhadap lawannya ketika pada menit ke-3 Nicolo Barella terlalu cepat bergerak sehingga tersandung offside ketika hendak menindaklanjuti umpan menyilang Emerson Palmieri.

Setelah itu Spanyol menyerang secara bergelombang tetapi hanya sedikit peluang yang terarah langsung ke gawang Italia karena kedisiplinan barisan pertahanan Italia.

Pada menit ke-25 kiper Gianluigi Donnarumma membuat penyelamatan gemilang yang menghindarkan timnya kebobolan ketika mementahkan tendangan striker Spanyol Dani Olmo.

Baca juga: Susunan pemain Spanyol vs Italia: Morata bangku cadangan

Delapan menit kemudian Olmo kembali berusaha menembus pertahanan Italia untuk menyambut bola kirim Koke tetapi tendangan kaki kanannya melebar di atas gawang Donnarumma.

Italia yang mengandalkan serangan balik berusaha membalas meneror Spanyol, tetapi justru pada menit ke-39 giliran Mikel Oyarzabal mendapatkan bola dari sayap kanan dan menusuk dari sini untuk melepaskan tendangan melengkung yang sayangnya terlalu tinggi dari gawang Italia.

Italia kemudian menciptakan peluang gol pertamanya pada menit ke-45 yang malah hampir memecah kebuntuan dan merupakan peluang terbaik pada babak pertama ini, ketika tendangan Emerson membentur tiang gawang Spanyol.

Pada babak pertama ini, Spanyol sebagaimana biasa mendominasi lapangan dengan 61 persen penguasaan dan juga unggul dalam penciptaan peluang. La Roja menciptakan lima peluang yang 3 di antaranya on target, sedangkan Italia menciptakan satu peluang yang sekaligus juga peluang emasnya pada babak pertama ini.

Baca juga: Italia vs Spanyol bakal diwarnai pertarungan perebutan penguasaan bola
Baca juga: Preview semifinal Euro 2020: Spanyol vs Italia Rabu dini hari

Baca juga: Alasan Spanyol atau Italia akan juarai EURO 2020

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021