Jakarta (ANTARA) - Aktris legendaris China, Gong Li, akan menjadi ketua juri internasional yang membagikan Penghargaan Tiantan di Festival Film Internasional Beijing (BJIFF) tahun ini, dikutip dari Variety, Rabu.

Iterasi ke-11 festival ini akan berlangsung secara langsung di ibukota China mulai 14-21 Agustus 2021.

Dalam pengumuman resmi BJIFF tentang peran Gong, disebutkan semua pengalaman masa lalu Gong sebagai ketua juri di festival-festival besar, seperti Festival Film Internasional Berlin ke-50, Festival Film Internasional Venesia ke-59, Festival Film Internasional Tokyo ke-16, dan Internasional Shanghai ke-17. Pada tahun 1997, ia juga menjabat sebagai anggota juri di Cannes.

Baca juga: Gong Li dikecam gara-gara baju bulu

Namun, daftar itu tidak menyebutkan peran Gong sebagai presiden juri Golden Horse Awards yang berbasis di Taipei pada 2018. Tahun itu, pidato penghargaan yang menyebutkan kemerdekaan Taiwan menyebabkan keretakan politik antara festival dan peserta China setelah Beijing menuntut agar senimannya memboikot festival itu. Sejak saat itu, media China tidak pernah menyebutkan festival Taiwan tersebut.

Gong baru-baru ini memerankan karakter penyihir yang bisa berubah bentuk, Xianniang, dalam “Mulan” (2020) dari Disney. Ia beradu peran dengan bintang muda Liu Yifei. Film ini meraup 41 juta dolar AS di China November lalu, menurut Box Office Mojo.

Di antara perannya yang lebih baru, Gong mungkin lebih dikenal di China karena memerankan pelatih tim voli nasional China Lang Ping dalam “Leap,” film biografi olahraga dari sutradara Hong Kong Peter Chan yang diajukan sebagai entri China untuk perlombaan Oscar tahun ini.

Sementara itu, Festival Film Internasional Beijing sendiri didirikan pada tahun 2011. Biasanya diadakan pada bulan April, tetapi ditunda hingga musim panas tahun lalu karena COVID-19. April ini, festival mengumumkan bahwa itu sekali lagi akan ditunda dan dijalankan pada pertengahan Agustus.

Pada 2019, Penghargaan Tiantan untuk film fitur terbaik jatuh ke film Denmark "A Fortunate Man," disutradarai oleh Billie August. Laszlo Nemes dari Hongaria memenangkan sutradara terbaik untuk "Sunset," sementara Forough Ghajabagli dari Iran memenangkan aktris terbaik untuk perannya dalam "Tehran: City of Love" dan aktor terbaik Aris Servetails dari Yunani untuk perannya dalam "The Waiter."

Baca juga: Jet Li dan Gong Li akan tampil di live action Mulan

Baca juga: Gong Li ketua dewan juri festival film Shanghai

Baca juga: Tanggapan Gong Li soal perubahan kewarganegaraannya

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021