Jakarta (ANTARA) - Salah satu aktor paling dikenal dan dihormati di India, Dilip Kumar, meninggal dunia, Rabu. Dilip menghembuskan napas terakhir pada usia 98 tahun, dikutip dari Reuters.

Dia lahir pada tahun 1922 di Peshawar, kini Pakistan, dengan nama Mohammed Yusuf Khan. Dilip Kumar menjadi nama panggungnya ketika bergabung di Bollywood pada 1940-an.

"Dengan berat hati dan penuh duka, saya mengumumkan kepergian Dilip Saab yang kita sayangi, beberapa menit lalu," cuit Faisal Farooqui, keluarga sang aktor, di Twitter, Rabu.

Kumar meninggalkan seorang istri, Saira Banu, seorang aktris populer di Bollywood di era 1960-an dan 1970-an.

Dikutip dari Times of India, Dilip masuk ke RS Hinduja pada 30 Juni. Aktor yang dikenal oleh penonton film sebagai "raja tragedi" masuk ke ICU di RS Hinduja, fasilitas non-COVID-19.

Pada Senin lalu, sang istri mengabarkan penggemar bahwa kesehatan suaminya membaik dan meminta doa agar dia lekas keluar dari rumah sakit. Saira mencuit, "Kami bersyukur atas berkat Tuhan Dilip Sahib semakin membaik. Kami masih di rumah sakit dan meminta doa Anda semua agar Insya Allah dia kembali sehat dan bisa pulang dari rumah sakit."

Baca juga: Bintang India Aamir Khan dan sutradara Kiran Rao akan bercerai

Baca juga: Aktor India Vidya Balan menantang seksime dalam birokrasi di film baru

Baca juga: Akun Twitter aktris India ditangguhkan akibat langgar kebijakan

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021