Tanah Bumbu bangun pabrik biodiesel senilai Rp2 triliun

Tanah Bumbu bangun pabrik biodiesel senilai Rp2 triliun

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar meninjau pembangunan pabrik biodiesel di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. ANTARA/ist/sjd

Pabrik tersebut merupakan milik PT. Jhonlin Grup yang berada di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu
Tanah Bumbu (ANTARA) - Perusahaan swasta di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, mulai membangun pabrik biodiesel dengan biaya total sekitar Rp2 triliun, sebagai salah satu upaya untuk memenuhi akan kerbutuhan bahan bakar minyak (BBM) di daerah tersebut.

Rencananya pabrik tersebut akan mulai beroperasi pada Otober tahun ini.

"Pabrik tersebut merupakan milik PT. Jhonlin Grup yang berada di Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Tanah Bumbu," kata Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, saat meninjau ke lokasi pembangunan pabrik, Rabu.

Peninjauan itu diperlukan untuk memastikan sejauh mana kesiapan terkait peresmian pabrik yang nantinya akan dihadiri Presiden Jokowi pada Juli 2021.

Direktur Jhonlin Agro Raya (JAR) Zafrinal Lubis ketika mempersentasikan kondisi pabrik di hadapan Bupati dan rombongan mengatakan, pembangunan pabrik tersebut menghabiskan dana sekitar Rp2 triliun.

Dana tersebut dibagi menjadi dua yakni Rp1 triliun untuk pembangunan pabrik beserta prasarana pabrik, dan Rp1 triliun untuk pembangunan Jety atau pelabuhan.

Pabrik ini nantinya akan memproduksi Biodiesel dan juga minyak goreng, dengan kapasitas produksi 60 ton per jam dengan memerlukan sekitar 1.600 ton/hari tandan buah segar (TBS).

Untuk memenuhi bahan baku pabrik biodiesel tersebut, sekitar 30 persen akan diperoleh dari petani lokal, sisanya dipasok minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dari luar daerah.

"Oktober 2021 rencananya pabrik tersebut akan mulai beroprasi," ujarnya.

Dikatakan, pabrik tersebut merupakan pabrik biodiesel terbesar dari empat pabrik lainnya yang ada di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan juga Sulawesi.

"Adapun pasar hasil produksi biodiesel nantinya akan diserap Pertamina," katanya.

Baca juga: BPDPKS siap libatkan petani dalam rantai pasok biodisel

Baca juga: Mahasiswa MBA ITB kaji faktor penentu pertumbuhan industri biodiesel

Baca juga: ESDM tetapkan harga pasar biodiesel Rp10.229 per liter pada Mei 2021

 

Pewarta: Imam Hanafi/sujud mariono
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden sebut B30 jadikan Indonesia mandiri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar