Shanghai (ANTARA) - Saham China ditutup lebih tinggi pada Rabu, didukung kenaikan kuat pada papan pengembangan ChiNext bursa Shenzhen dan STAR Market Shanghai yang berfokus pada teknologi, setelah Beijing meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan China yang terdaftar di luar negeri.

Pada penutupan, indeks Shanghai Composite naik 0,66 persen pada 3.553,72 dan indeks saham unggulan CSI300 naik 1,13 persen.

Memimpin kenaikan, subindeks yang melacak pembuat dan pemasok kendaraan energi baru melonjak 5,77 persen, sub-indeks tanah jarang melonjak 5,01 persen dan sub-indeks perawatan kesehatan naik 2,54 persen.

Subindeks sektor keuangan turun 0,32 persen, sektor bahan pokok konsumen naik 0,31 persen, indeks real estat turun 1,23 persen dan sub-indeks perawatan kesehatan naik 2,54 persen.

Dikutip dari Reuters, indeks Shenzhen yang lebih kecil berakhir naik 1,68 persen, indeks ChiNext Composite lebih tinggi sebesar 3,572 persen dan indeks STAR50 naik 2,43 persen

Produsen baterai EVE Energy Co naik 13 persen sementara Ningbo Ronbay New Energy Technology, pemasok material untuk baterai lithium, melonjak 20 persen.

China akan meningkatkan penegakan hukum pada kegiatan-kegiatan ilegal di pasar saham seperti penipuan keuangan, perdagangan orang dalam (insider trading) dan manipulasi pasar, kata anggota kabinet negara itu pada hari Selasa.

Negara itu juga akan meningkatkan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan China yang terdaftar di luar negeri, beberapa hari setelah Beijing meluncurkan penyelidikan keamanan siber terhadap raksasa transportasi daring (online) Didi Global Inc setelah perusahaan itu terdaftar di pasar saham AS.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang melemah 0,36 persen, sementara indeks Nikkei Jepang ditutup turun 0,96 persen.

Pada pukul 07.13, yuan dikutip pada 6,4684 per dolar AS, 0,16 persen lebih kuat dari penutupan sebelumnya di 6,4788.

Baca juga: Saham Eropa bangkit, ditopang kenaikan pertambangan dan otomotif
Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah lanjutkan kerugian sehari sebelumnya
Baca juga: IHSG Rabu dibuka menguat 15,66 poin

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021