UI bantu UMKM Jabodetabek cara "branding" dan promosi produk

UI bantu UMKM Jabodetabek cara "branding" dan promosi produk

Vokasi Humas Festival (VokHumFest) untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) jabodetabek (ANTARA/Foto: Humas UI)

"VokHumFest merupakan bentuk kontribusi nyata Vokasi UI untuk masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Jabodetabek
Depok (ANTARA) - Program Studi (Prodi) Hubungan Masyarakat (Humas) Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menggelar ajang virtual Vokasi Humas Festival (VokHumFest) untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mem-branding dan mempromosikan produk atau layanan mereka.

Kepala Laboratorium Prodi Humas Mareta Maulidiyanti dalam keterangannya, Rabu, mengatakan konsep laboratorium di Vokasi UI, khususnya Prodi Humas, mengacu pada pemecahan kasus riil yang ada di masyarakat.

"VokHumFest merupakan bentuk kontribusi nyata Vokasi UI untuk masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Jabodetabek. Metode belajar seperti ini merupakan bagian dari penerapan kurikulum 321 yang dijalankan oleh Program Pendidikan Vokasi UI," katanya.

Kurikulum ini mengharuskan mahasiswa berkuliah di kampus selama tiga semester pertama untuk menguatkan keterampilan dasar dan teori, kemudian dua semester belajar di industri, dan satu semester murni hanya magang.

Salah seorang peserta, Putri, pemilik UMKM Pawon Putri, mengatakan para mahasiswa sangat membantu pelaku UMKM untuk memproduksi materi promosi.

"Kemampuan kami untuk membuat materi promosi yang menarik sangat terbatas, karena harus paham cara promosi yang baik serta kemampuan mendesain. Melalui Program Vokasi Humas ini, kami sangat terbantu, terutama dalam mendesain materi promosi. Mereka membantu Pawon Putri membuat brosur dan poster digital," ujar Putri.

Tahun ini VokHumFest menjadi program terintegrasi dengan pengabdian masyarakat (pengmas) dari mata kuliah praktik produksi visual humas. Kegiatan pameran virtual tersebut merupakan hasil kerja sama Prodi Humas Vokasi UI dengan 18 pelaku UMKM yang berlokasi di Jabodetabek.

Hasil karya yang telah dibuat oleh mahasiswa Prodi Humas tersebut dapat disaksikan pada situs https://vokhumfest.ppvui.id Masyarakat diharapkan berkunjung ke website VokHumFest tersebut dan ke toko online dari UMKM yang menjadi klien.

Baca juga: Vokasi UI-Sonar platform ciptakan pembelajaran humas berbasis big data

Baca juga: Vokasi Humas UI beri penghargaan kepada pelajar

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gandeng industri, UI luncurkan PLTSa berkapasitas 2 ton

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar