London (ANTARA News) - Sudah jadi rahasia umum jika Spanyol digadang oleh banyak pakar dan pengamat sepak bola menjadi kandidat terkuat juara Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Tetapi apakah Spanyol memang pantas juara?

Beberapa pakar yang terdiri dari pemain, mantan pemain, dan jurnalis sepak bola yang dihubungi oleh BBC Sport punya pendapat masing-masing mengapa Spanyol menjadi tim yang paling layak meraih gelar.

Henrik Larsson, mantan pemain tim nasional Swedia yang pernah memperkuat Barcelona dan Celtic percaya Spanyol akan mengulang prestasi mereka di Piala Eropa 2008.

"Spanyol bermain sangat bagus di Piala Eropa 2008 dan sekarang mereka punya pemain yang kurang lebih sama," kata Larsson.

"Bugarnya Torres sangat penting bagi mereka. Jika ia tampil 100 persen mereka punya kesempatan terbaik tetapi Inggris di bawah fabio Capello juga berbahaya. Capello memperkenalkan cara bermain yang berbeda dan menerapkan disiplin yang mereka butuhkan," katanya.

Mantan striker Inggris, Alan Shearer juga punya pendapat senada.

"Saya sangat terkesan dengan Spanyol, dengan cara mereka memenangkan Piala Eropa dua tahun lalu. Kesempatan mereka tidak berkurang karena Torres tetap bisa bermain, ia sangat penting bagi mereka, ia akan menjadi pemain besar bagi Spanyol tetapi ingat mereka juga punya David Villa," papar mantan pemain Newcastle United itu.

Sementara menurut Ronald de Boer, gelandang Belanda yang terkenal setelah memperkuat De Orange bersama kembarannya Frank de Boer, Spanyol punya modal kebersamaan yang kental.

"Mereka telah bermain bersama dalam waktu yang lama jadi para pemainnya telah mengenal kualitas satu sama lain, luar dalam. Mereka juga punya pasukan cadangan yang hebat, dalam beberapa laga justru pemain pengganti yang menciptakan perubahan," jelas gelandang yang telah 67 kali membela negaranya itu.

Spanyol memang diakui memiliki skuad yang mumpuni dari barisan penjaga gawang sampai para penyerang di garis depan.

"Spanyol adalah yang terbaik dari segi kualitas maupun kuantitas, tidak satu tim pun yang yang pernah bermain seperti mereka di seluruh dunia," kata Juan Casto Nogales, seorang jurnalis dari harian sepak bola Spanyol, Marca.

Penjaga gawang yang tangguh, bek yang kokoh, gelandang-gelandang luar biasa, dan para penyerang yang berbahaya," ucapnya.

Bagi Martin Skrtel, pemain Liverpool dan salah satu punggawa Slowakia yang akan bertarung di Afrika Selatan beberapa hari ke depan, Spanyol adalah satu-satunya tim yang bisa memainkan si kulit bundar dengan anggun.

"Spanyol memainkan sepak bola indah, tetapi meremehkan Jerman dan Prancis, serta Inggris yang kuat secara taktik bisa berbahaya," ungkap pemain yang menempati posisi bek itu.

Tetapi para pakar si kulit bundar ini pun tidak menafikan beberapa tim seperti Inggris, Jerman, Prancis, Argentina, dan bahkan Ghana dan Pantai Gading.

Tetapi seperti kata penyerang Kamerun, Patrick Mboma, "Mereka adalah tim terbaik... Saya tidak bisa melihat alasan mereka gagal merebut Piala Dunia," tukas pria yang mencetak 33 gol bagi negaranya itu.
(Ber/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010