Bola Basket

Menpora minta peserta FIBA Asia Cup 2021 sudah divaksin COVID-19

Menpora minta peserta FIBA Asia Cup 2021 sudah divaksin COVID-19

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat menjadi narasumber dalam acara virtual Jambore Pioner Muda dengan tema '”Kita Keren Tanpa Rokok” di Jakarta, Selasa (6/7/2021). (ANTARA/HO/Kemenpora)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta agar seluruh peserta telah divaksinasi COVID-19 sebelum berangkat ke Indonesia untuk mengikuti FIBA Asia Cup 2021 di Istora Senayan Jakarta, 17-29 Agustus mendatang.

“Soal vaksin, FIBA mengatakan belum semua negara merata terkait vaksin ini. Tolong ditekankan lagi paling tidak untuk tim nasionalnya yang akan berangkat sudah divaksin," kata Zainudin dalam audiensi secara virtual dengan Panitia Penyelenggara FIBA Asia Cup 2021 di Jakarta, Rabu.

Zainudin juga menekankan pentingnya protokol kesehatan selama kejuaraan bola basket bergengsi Asia itu berlangsung nanti. Dia meminta agar sistem bubble atau gelembung dapat diterapkan dengan disiplin dan ketat.

Baca juga: Perbasi akan komunikasikan status COVID-19 peserta FIBA Asia Cup 2021

“Sistem bubble itu harus tetap dipertahankan betul dengan ketat. Minta juga komitmen FIFA akan hal ini. Sama dengan yang akan kita alami di Olimpiade Tokyo. Bahkan dipisahkan wisma atlet dan hotel dan tidak bisa saling mengunjungi. Jadi hanya dari hotel ke tempat latihan atau tempat pertandingan," tuturnya.

Sementara terkait target timnas basket Indonesia di FIBA Cup Asia 2021, Zainudin mengaku optimistis tim Garuda bisa menembus delapan besar demi mengamankan satu tempat di FIBA World Cup 2023.

Baca juga: Timnas basket punya dua PR jelang FIBA Asia Cup 2021

Sementara itu, Ketua Pelaksana FIBA Asia Cup 2021 Junas Miradiarsyah memastikan bahwa sistem bubble akan diterapkan secara ketat. Mobilitas para peserta pun akan dibatasi hanya di hotel, tempat latihan dan arena pertandingan.

"Secara prinsip para atlet yang tiba di Indonesia akan dijemput menuju hotel. Tidak ada aktivitas di tempat lain. Hanya hotel, tempat latihan atau tempat bertanding," katanya.

Junas juga membuka peluang untuk mengizinkan penonton dalam jumlah terbatas menyaksikan langsung kejuaraan bola basket tersebut.

“Penonton hanya 10 persen dan yang sudah divaksin. Jika situasi Covid-19 membaik bisa 25persen, tapi bisa juga tanpa penonton jika situasi pandemi memburuk," ujar Junas.

FIBA Asia Cup 2021 akan diikuti 16 negara peserta, termasuk Indonesia selaku tuan rumah. Selain itu, 12 negara di antaranya telah dipastikan lolos kualifikasi, yakni Iran, Korea Selatan, Suriah, Australia, Jepang, Lebanon, Bahrain, Yordania, Selandia Baru, Kazakhstan, Filipina, dan China.

Baca juga: Presiden minta siapkan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021
Baca juga: Erick Thohir: FIBA Asia Cup 2021 momen Indonesia bangkit dari pandemi
Baca juga: Pemerintah janji beri dukungan maksimal untuk FIBA Asia Cup 2021

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menpora: Jelang SEA Games LADI berusaha tuntaskan sanksi WADA

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar