Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persipura Jacksen Tiago membuka peluang untuk menangani tim di luar negeri jika mendapatkan tawaran di tengah situasi sepak bola nasional yang belum pasti.

"Kalau ada kesempatan pergi di masa yang tidak pasti ini, jelas saya akan pergi," ujar Jacksen dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu.

Juru taktik asal Brazil itu mengakui bahwa baru-baru ini dia sebenarnya diminta untuk melatih klub dari China.

Akan tetapi, masalah administrasi membuatnya tidak bisa terbang ke Negeri Tirai Bambu dan pada akhirnya memutuskan bertahan di Persipura.

Jacksen bahkan sempat meminta klausul khusus dalam kontraknya bersama Persipura agar memudahkan dia pindah ke China. Akan tetapi, hal itu ditolak oleh manajemen Persipura.

Baca juga: Jacksen Tiago tak pusingkan jadwal Liga 1
Baca juga: BTM akui Boaz dan Tipa tidak lagi perkuat Persipura Jayapura


"Saat menandatangani kontrak, saya meminta sebuah klausul yaitu kalau visa China saya keluar dalam waktu satu bulan, saya bisa pergi. Namun, manajemen tidak mengizinkannya dan saya pun menutup kemungkinan itu," tutur pelatih yang tiga kali membawa Persipura juara Liga Indonesia tersebut.

Jacksen Tiago sendiri masih terus memimpin persiapan Persipura untuk mengarungi Liga 1 Indonesia musim 2021-2022.

Meski begitu, belum dapat dipastikan kapan Liga 1 akan dimulai.

Liga 1 Indonesia 2021-2022 sejatinya siap berlangsung mulai 9 Juli 2021.

Namun, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepakat menunda liga demi mendukung upaya pemerintah mengendalikan pandemi COVID-19 melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

Setelah ditunda, PSSI dan PT LIB belum menentukan kapan Liga 1 Indonesia musim 2021-2022 akan dilaksanakan.

Kabar terkini, LIB mewacanakan Liga 1 bergulir kembali mulai akhir Agustus 2021 atau sekitar satu bulan setelah PPKM Darurat berakhir.

Baca juga: LIB: Liga 1 kemungkinan mulai akhir Agustus sesuai permintaan klub
Baca juga: Liga Indonesia ditunda, Menpora minta pecinta sepak bola bersabar


 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021