Piala Eropa 2020

Susunan pemain Inggris vs Denmark: Bukayo Saka turun sejak awal lagi

Susunan pemain Inggris vs Denmark: Bukayo Saka turun sejak awal lagi

Pemain sayap tim nasional Inggris Bukayo Saka (kiri) disambut pelatih Gareth Southgate saat ditarik keluar dalam pertengahan babak kedua laga 16 besar Euro 2020 melawan Jerman di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (29/6/2021). ANTARA/REUTERS/POOL/Catherine Ivill.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate memberikan kepercayaan kepada sayap muda Bukayo Saka untuk kembali turun sejak awal dalam laga semifinal Euro 2020 melawan Denmark di Stadion Wembley, London, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Saka sempat absen karena dibekap cedera dalam pertandingan perempat final melawan Ukraina di Roma, empat hari yang lalu.

Saka menjadi satu-satunya perubahan yang dilakukan oleh Southgate dalam susunan pemain melawan Denmark dibandingkan pertandingan sebelumnya.

Baca juga: Preview semifinal Euro 2020: Inggris vs Denmark

Talenta Arsenal itu cukup menarik perhatian dalam Euro 2020 dan sempat menyabet gelar star of the match alias pemain terbaik saat Inggris menundukkan Republik Ceko 1-0 di laga penutup Grup D.

Secara keseluruhan Southgate mempertahankan skema 4-2-3-1 yang menghasilkan kemenangan 4-0 atas Ukraina di perempat final.

Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire dan Luke Shaw membentuk kuarter barisan pertahanan yang berjaga di hadapan kiper Jordan Pickford.

Kalvin Phillips dan Declan Rice melanjutkan peran mereka sebagai pivot ganda di lini tengah Inggris.

Saka beroperasi di sayap kanan dalam trio lapisan kedua serangan Inggris bersama Mason Mount dan Raheem Sterling yang menyokong kapten Harry Kane sebagai ujung tombak utama The Three Lions.

Baca juga: Tak ada keluhan, hanya selamat untuk pemain, kata Luis Enrique

Sementara itu, pelatih Denmark Kasper Hjulmand mempertahankan sepenuhnya winning-team yang ia turunkan dalam perempat final kontra Ceko.

Skema tiga bek yang dihuni Andreas Christensen, Jannik Vestergaard dan kapten Simon Kjaer kembali dipercaya Hjulmand untuk berjaga di depan kiper Kasper Schmeichel.

Dua bek sayap Jens Stryger Larsen di kanan dan Joakim Maehle di kiri mengapit duet Pierre-Emile Hojbjerg dan Thomas Delaney di lini tengah Denmark.

Lini serang kedua Denmark berisikan Martin Braithwaite dan Mikkel Damsgaard yang mendukung Kasper Dolberg sebagai ujung tombak.

Secara catatan pertemuan, Inggris unggul dengan 12 kemenangan dan hanya empat kali kalah dalam 21 pertandingan.

Tapi dalam dua pertemuan terakhir di ajang UEFA Nations League Inggris tak pernah menang, bahkan menelan kekalahan 0-1 dari Denmark di Wembley pada Oktober tahun lalu.

Berikut susunan starting line-up seperti dikutip dari laman resmi UEFA:

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Kalvin Phillips, Declan Rice; Bukayo Saka, Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane

Denmark (3-4-2-1): Kasper Schmeichel; Andreas Christensen, Simon Kjaer, Jannik Vestergaard; Jens Stryger Larsen, Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney, Joakim Maehle; Martin Braithwaite, Mikkel Damsgaard; Kasper Dolberg

Baca juga: Kekuatan mental lontarkan Italia ke final Euro 2020
Baca juga: Mancini akui Spanyol hebat, penalti itu lotre


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah COVID-19, nobar Piala Eropa dilarang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar