Mentan pastikan stok pangan aman selama PPKM

Mentan pastikan stok pangan aman selama PPKM

Mentan Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan pers kepada media di Makassar, Kamis,(8/7/2021). ANTARA/Abd Kadir/pri.

sejauh ini masih ada cadangan beras yang cukup untuk seluruh Indonesia hingga mencapai tujuh juta ton.
Makassar (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan stok pangan nasional selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali, dalam kondisi aman dan terkendali.

Mentan Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Kamis mengatakan sejauh ini masih ada cadangan beras yang cukup untuk seluruh Indonesia hingga mencapai tujuh juta ton.

"Alhamdulillah (stok pangan) cukup terkendali dengan baik. Kita masih punya stok cadangan pangan 2020, yakni sekitar tujuh juta ton," kata Mentan Syahrul usai pertemuan di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sulsel.

"Kita juga akan segera memasuki musim tanam kedua pada Agustus sampai September. Jika melihat kondisi ini, hampir semua berjalan dengan baik," lanjut mantan Gubernur Sulsel dua periode itu.

Ia menjelaskan, ketersediaan bahan pangan dalam kondisi aman karena menjadi pengendalian Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Kita masih memiliki cadangan beras cukup kuat, baik yang ada pada pengendalian langsung oleh Bulog, pada semua RMU (Rice Mile Unit) yang ada, maupun yang dalam penanganan Pemda, provinsi maupun kabupaten," ujarnya.

"Untuk itu, dalam suasana penerapan PPKM atau pembatasan, kondisi pangan kita tetap baik," sambung dia.

Ia juga mengaku sudah ada perintah Presiden Joko Widodo untuk secara rutin melakukan mengecek ketersediaan pangan. Bahkan hampir setiap minggu dicek oleh bapak presiden.

"Kemarin dalam virtual komunikasi dengan bapak Presiden betul-betul meminta agar pengendalian pangan untuk kebutuhan nasional dan rakyat, sepenuhnya di bawah kendali beberapa menteri untuk disiapkan dengan maksimal," jelasnya.
Baca juga: Pemkot Sukabumi menjamin ketersediaan dan pasokan pangan PPKM Darurat
Baca juga: Persediaan stok pangan aman, tidak perlu panic buying
Baca juga: Pemprov Jatim pastikan persediaan bahan pokok aman

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar