Yoga mata beri relaksasi di tengah serbuan acara virtual

Yoga mata beri relaksasi di tengah serbuan acara virtual

Ilustrasi - Pemeriksaan mata. ANTARA/Pexels.

Jakarta (ANTARA) - Di tengah pandemi COVID-19 kegiatan virtual menjadi salah satu alternatif untuk berkegiatan, namun tentu sering kita alami momen mata yang merasakan kelelahan.

Yoga mata rupanya bisa memberikan relaksasi bagi mata anda yang kelelahan di tengah serbuan acara virtual itu.

“Selama pandemi, semua kegiatan dilaksanakan secara virtual dan tentunya telah meningkatkan waktu kita memandang layar gadget. Ini tentu melelahkan mata mulai dari anak- anak hingga orang dewasa. Dengan yoga mata anda bisa memberi waktu untuk mata beristirahat dan merelaksasikannya,” kata seorang spesialis Yoga Mata dan Nutrisionis asal India Siddhi Shah seperti dikutip dari Tribune India, Kamis.

Baca juga: Malas olahraga tingkatkan risiko gangguan mata

Siddhi menyarankan, yoga mata bisa dilakukan di setiap waktu lenggang agar momen relaksasi bisa dirasakan dengan baik. 

Ada pun berikut beberapa cara melakukan yoga mata yang dianjurkan oleh Siddhi.

Cara yang pertama tutup mata anda, ambil beberapa tarikan nafas yang dalam untuk menciptakan tubuh yang lebih rileks.

Gosok kedua telapak tangan anda hingga terasa hangat lalu letakan kedua telapak tangan anda di bagian mata, tahan posisi itu hingga telapak tangan anda terasa hangat. Teknik ini dikenal sebagai palming.

Cara kedua setiap 20 menit sekali setelah menggunakan gadget, istirahatkan mata dengan kurun waktu 29 menit dengan melihat- lihat pemandangan di sekitar setidaknya yang berjarak 6 meter atau 20 kaki.

Kemudian untuk melatih mata untuk bisa tetap fokus, letakan ibu jari anda di depan muka anda lalu perlahan gerakan tangan anda ke arah kanan dan kiri hingga dirasa cukup.

Cara Ketiga, anda bisa membuka mata anda dengan lebar lalu berkediplah sebanyak 10 kali. Kemudian segera tutup mata anda selama 20 detik dan ulang latihan ini selama empat kali pengulangan.

Terakhir, untuk membuat mata tetap bugar anda harus melatih jangkauan mata hingga ke sudut. Arahkan bola mata ke arah kiri, kanan, atas, dan bawah selama lima hingga sepuluh kali.

Baca juga: Agar mata tetap sehat meski terus terpapar layar gawai

Baca juga: Mata anak tetap sehat saat belajar daring, ini kiat dokter RSUI

Baca juga: Jaga kesehatan mata dengan rumus 20-20


Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar