Makassar (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan tidak ada kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap sembako seperti yang ramai diperbincangkan.

“Ini yang menjadi isu yang sangat banyak di mana-mana. Tetapi kenaikan PPN, PPN aja nggak ada kok,” kata Syahrul Yasin Limpo usai pertemuan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Kamis.

Ia menjelaskan, pemerintah tidak pernah memberikan atau merancang aturan terkait pengenaan ataupun kabar soal PPN akan dinaikkan.

Baca juga: Mentan dorong daerah sukseskan program merdeka ekspor

"Ini katakanlah pikiran-pikiran yang ada di dalam berbagai pihak dan itu menjadi sebuah isu dan sampai sekarang ini pemerintah tidak pernah atau belum pernah ada rancangan untuk menaikkan itu,” jelasnya.

Menurutnya, jika wacana tersebut benar adanya, maka dirinya sebagai Mentan pasti akan tahu, sehingga menurutnya itu hanya sebuah isu.

“Kalau itu ada, pasti menteri pertanian tahulah. Jadi jangan membuat petani jadi resah tentang PPN itu. Oleh karena itu PPN, nggak ada impor, nggak ada. Presiden sudah tegas mengatakan impor nggak ada.

"Kalau masih ada orang berpikir seperti itu, boleh-boleh aja seperti ini. Ada melempar isu seperti itu, tapi jelas bagi saya bahkan presiden mengatakan dari mana rumor itu,” jelasnya.

Baca juga: Mentan pastikan stok pangan aman selama PPKM
Baca juga: Stafsus Menkeu: Sembako tak kena PPN kecuali daging-beras premium
Baca juga: Menkeu: Kita tidak pungut PPN sembako murah

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021