Danone-AQUA kembali raih sertifikasi B Corp

Danone-AQUA kembali raih sertifikasi B Corp

Connie Ang, President Director of Danone-AQUA (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Danone-AQUA kembali meraih sertifikasi B Corporation (B Corp) untuk kedua kalinya dari organisasi nirlaba B Lab.

Sertifikasi B Corp diberikan hanya kepada perusahaan-perusahaan dengan standar tertinggi di bidang sosial dan lingkungan yang menerapkan transparansi serta memiliki tanggung jawab dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial.

"Danone-AQUA merupakan pelopor untuk inisiatif yang bertujuan membawa perubahan positif besar bagi lingkungan dan masyarakat dan sertifikasi B Corp ini memvalidasi komitmen tersebut," kata Connie Ang, President Director of Danone-AQUA dalam keterangannya pada Jumat.

Selain itu, perusahaan yang pertama menerima sertifikasi B Corp pada 2018 itu juga mencatat kenaikan skor secara signifikan menjadi 93.8, dari skor pada sertifikasi sebelumnya senilai 85.9.

Baca juga: Danone Indonesia tanggapi kampanye aksi boikot produk Prancis

Pencapaian tersebut juga sejalan dengan komitmen Danone-AQUA mendukung upaya pemerintah Indonesia mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs) pada 2030.

Pemerintah Indonesia telah mengintegrasikan 17 tujuan besar dan 169 target dari agenda SDGs ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di tahun 2020-2024.

Hal ini menunjukkan bahwa agenda SDGs bukan hanya sekadar menjadi komitmen global yang dijalankan semua negara, namun menjadi panduan untuk Indonesia menerapkan program pembangunan nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

Sertifikasi B Corp yang diperkenalkan dan dikeluarkan oleh B Lab sejak 2007 diberikan kepada perusahaan setiap tiga tahun sekali.

Perusahaan yang mendapatkan sertifikasi B Corp merupakan perusahaan yang mampu membuktikan bahwa seluruh proses bisnis yang dijalankan, mulai dari rantai pasok (supply chain), sistem operasional hingga operasional bisnisnya dapat memberi dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat, lingkungan, pelanggan, dan karyawan.

Saat ini, sertifikasi B Corp telah menjangkau lebih dari 4.000 perusahaan pada 153 kategori jenis industri yang telah tersertifikasi dan tersebar di 77 negara termasuk Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi dan turut bangga atas sertifikasi kedua yang didapat oleh Danone-AQUA. Hal ini menunjukkan bahwa Danone-AQUA berkomitmen untuk meneruskan praktik bisnis terbaik dan berkelanjutan yang mampu membawa kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan," kata Tom Steward, Executive Director B Lab South East Asia.

Menurut Tom, peningkatan nilai yang diperoleh oleh Danone-AQUA di sertifikasi kedua didukung oleh berbagai inisiatif yang menyentuh karyawan, lingkungan, konsumen, dan rantai pasok, distribusi, serta mitra. Misalnya dengan mengembangkan AQUA Home Service sebagai model distribusi mikro yang telah menjangkau lebih dari 8000 ibu rumah tangga, mengembangkan kemasan berkelanjutan dan mengembangkan ekonomi sirkular di operasional bisnis, dan memberikan manfaat ke lebih dari 360.000 penerima manfaat akses air bersih.

"Inisiatif lain mencakup penggunaan energi terbarukan dengan membangun instalasi solar panel, pembangunan 20 Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati), serta menjaga kesejahteraan karyawan dengan memberikan cuti hamil 6 bulan bagi karyawan perempuan dan 10 hari untuk karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan," kata Tom.

Secara global, Danone memiliki ambisi untuk seluruh perusahaannya tersertifikasi B Corp pada tahun 2025. Saat ini, sudah lebih dari 50 persen bisnis Danone yang telah tersertifikasi B Corp.

Baca juga: KLHK: Perlu kesadaran masyarakat untuk tekan sampah plastik

Baca juga: Sertifikasi perusahaan berkelanjutan bisa bantu capai sasaran SDGs

Baca juga: Cara Danone-Aqua tingkatkan kualitas manajemen sampah plastik

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar