Bukalapak gelar IPO

Bukalapak gelar IPO

Presiden Direktur Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, saat jumpa pers virtual tentang penawaran umum saham perdana, Jumat (9/7/2021). (ANTARA/Tangkapan layar)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Bukalapak hari ini menggelar penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

"Dengan 'go public' kami ingin lebih banyak masyarakat yang ikut mengawasi Bukalapak supaya bisa menjadi perusahaan yang profesional, tumbuh dengan baik," kata Presiden Direktur Bukalapak, Rachmat Kaimuddin, saat jumpa pers virtual, Jumat.

Bukalapak menunjuk PT Mandiri Sekuritas dan PT Buana Capital Sekuritas sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek, sementara PT UBS Sekuritas Indonesia dan PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai Penjamin Emisi Efek.

Baca juga: Mandiri Capital Indonesia suntikkan modal untuk Bukalapak

Bukalapak menjadi perusahaan rintisan unicorn Indonesia pertama yang melakukan IPO.

Melalui IPO ini, Bukalapak mengumumkan transformasi dari e-commerce menjadi all-commerce, melibatkan ekosistem dagang baik secara luar jaringan (offline) maupun dalam jaringan (online).

Rachmat menyatakan setelah IPO, pengguna di berbagai tempat, baik di kota maupun desa, bisa mendapatkan akses ke layanan jual-beli yang sama.

Bukalapak saat ini fokus untuk listing di Bursa Efek Indonesia. Di sisi lain, mereka juga berencana melakukan penawaran saham perdana di luar negeri dan mulai mengadakan pertemuan dengan calon investor asing.

Rachmat merasa optimistis akan mendapatkan permintaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Bukalapak, yang sudah 11 tahun berdiri, per Desember 2020 memiliki jumlah pengguna sebanyak 104,9 juta. Pendapatan mereka pada tahun lalu sebesar Rp1,35 triliun.

Baca juga: Bukalapak pantau harga jual tabung oksigen

Baca juga: Bukalapak dukung regulasi Harga Eceran Tertinggi obat masa pandemi

Baca juga: Bukalapak bantu ketahanan bisnis warteg lewat literasi digital

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cara daftar jadi mitra pemerintah di Kartu Prakerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar