Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa naik pada awal perdagangan hari Jumat karena investor memburu saham murah setelah salah satu aksi jual terburuk tahun ini di tengah kekhawatiran tentang pemulihan ekonomi global yang tersendat.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa naik 0,8 persen pada pukul 07.17 GMT, dengan sektor-sektor yang terpukul dari penurunan minggu ini seperti produsen mobil dan pertambangan, naik paling tinggi.

Namun indeks acuan mencatat penurunan mingguan 0,4 persen setelah lonjakan terbaru dalam kasus COVID-19, khususnya di Asia, dan kenaikan di pasar obligasi memukul selera untuk aset berisiko.

Baca juga: Saham Inggris dibuka naik, terangkat pelemahan pound dongkrak ekspor

Pemilik British Airways IAG, EasyJet dan Ryanair naik antara 1 persen dan 2,6 persen karena Inggris berencana untuk mencabut karantina terhadap kedatangan yang sudah divaksinasi penuh dari negara lain dalam beberapa minggu mendatang.

Produsen pesawat Prancis Airbus naik 2,5 persen setelah melaporkan lonjakan pengiriman 52 persen pada paruh pertama tahun ini.

Grup barang mewah Inggris Burberry naik 2,7 persen setelah Goldman Sachs meningkatkan peringkat saham menjadi buy, sementara saingannya dari Italia Salvatore Ferragamo tergelincir 1,0 persen setelah bank AS menurunkan peringkatnya menjadi sell.

Baca juga: Saham Eropa turun dalam aksi jual global karena kekhawatiran pemulihan

Pewarta: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021