Polda DIY siapkan selter isolasi mandiri bagi anggota Polri

Polda DIY siapkan selter isolasi mandiri bagi anggota Polri

Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Dwi Purwantoro dan Pejabat Utama Polda DIY saat peresmian selter isolasi mandiri khusus anggota Polda di Komplek Mako Dit Polair Polda DIY, Kabupaten Bantul, DIY. Jumat (9/7/2021). ANTARA/HO-Humas Polda DIY.

sementara hanya akan digunakan untuk personel Polri dan keluarganya
Bantul (ANTARA) - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan selter isolasi mandiri khusus anggota kepolisian yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Rusun Direktorat Polisi Perairan (Dit Polair) Polda DIY, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

"Sebanyak 48 kamar berisi 96 tempat tidur yang ada di gedung selatan Mako Dit Polair tersedia sebagai kamar perawatan bagi anggota Polda dan keluarganya yang sedang menjalani perawatan karena COVID-19," kata Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto dalam siaran pers pada peresmian Selter Isoman di Mako Dit Polair Polda DIY, Jumat.

Kabid Humas menjelaskan, sebelumnya, anggota Polri di lingkungan Polda DIY yang sedang sakit berada dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda DIY.

"Namun karena terbatasnya kamar yang tersedia dan meningkatnya kebutuhan rawat inap terutama di masa pandemi COVID-19 maka Polda DIY berinovasi agar gedung yang ada di Mako Polair ini dijadikan selter isolasi mandiri sementara," katanya.

Baca juga: Pemda DIY optimalkan 59 selter tangani pasien COVID-19 gejala ringan
Baca juga: Batasi mobilitas warga, sejumlah akses jalan di Yogyakarta disekat


Sementara itu, Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso mengatakan, semakin meningkatnya kasus COVID-19 akhir-akhir ini berbanding lurus dengan ketersediaan kamar atau bangsal di rumah sakit rujukan COVID-19, hal ini menjadi latar belakang Polda membuat selter di rusun Dit Polair Polda DIY.

"Untuk mengantisipasi menumpuknya pasien, khususnya personel Polda DIY di RS Bhayangkara maupun rumah sakit umum lainnya, maka Polda DIY melakukan pemanfaatan rusun Dit Polair sebagai selter isolasi mandiri," kata Wakapolda.

Menurut dia, hal ini merupakan terobosan yang sangat positif, karena dengan adanya selter isoman diharapkan dapat memberi solusi terkait penuhnya kamar-kamar di rumah sakit karena meningkatnya kasus terpapar COVID-19.

"Serta dapat mengurangi lonjakan pasien COVID-19 di rumah sakit rujukan khususnya RS Bhayangkara, sehingga dapat membantu anggota Polda DIY dan keluarganya yang terpapar COVID-19 gejala ringan," kata Wakapolda.

Terkait kebutuhan sehari-hari di selter, nantinya akan disiapkan termasuk 10 tenaga kesehatan yang siap melayani. Kelengkapan selter seperti kamar mandi ada di setiap kamar, pendingin ruangan, tempat sampah, bahkan alat pemadam kebakaran juga tersedia.

"Selter ini sementara hanya akan digunakan untuk personel Polri dan keluarganya, jadi belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum lainnya," katanya.

Baca juga: Yogyakarta siapkan tambahan tempat perawatan pasien COVID-19
Baca juga: Pasien positif COVID-19 di DIY bertambah 1.358 orang

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Satbrimob DIY menanam tanaman pangan cadangan pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar