"Jadi memang menurut saya itu adalah suatu keunggulan, karena secara matematis itu sudah diperhitungkan,"
Jakarta (ANTARA) - Woman Grand Master (WGM) Indonesia Irene Kharisma Sukandar menegaskan bahwa status unggulan yang disandangnya tidak akan dijadikan beban saat berhadapan dengan pecatur asal Chile Javiera Belen Gomez Barrera di ajang Fide World Cup 2021 di Sochi, Rusia, Senin (12/7/2021).

"Nanti saya akan mencoba untuk tidak menjadikannya beban," kata Irene dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Di pertandingan ini Irene mendapatkan status unggulan karena memiliki elo rating 2413, sedangkan Barrera memiliki elo rating 2083 dan hanya bergelar Woman International Master (WIM).

Irene mengatakan, status sebagai unggulan bukanlah beban, tetapi akan dijadikan motivasi untuk berusaha keras bisa melaju ke babak selanjutnya.

"Jadi memang menurut saya itu adalah suatu keunggulan, karena secara matematis itu sudah diperhitungkan," ujar Irene

Irene berharap pada saat bertanding nanti, ia bisa bermain secara maksimal dan ia pun turut meminta dukungan dari masyarakat Indonesia agar bisa memberikan hasil tervaik di turnamen ini.

Pada kejuaraan FIDE World Cup 2021 ini Indonesia mengirimkan empat perwakilan yaitu GM Susanto Megaranto, IM Mohamad Ervan, WGM Medina Warda Aulia, dan WGM Irene Kharisma Sukandar.

FIDE World Cup 2021 digelar mulai 10 Juli hingga 4 Agustus 2021 yang mempertarungkan total 103 atlet catur dari berbagai negara.

Baca juga: Indonesia tambah satu wakil ke Piala Dunia Catur 2021
Baca juga: Susanto raih tiket ke Piala Dunia Catur 2021
Baca juga: Duel catur Irene Sukandar vs Raffi Ahmad catatkan rekor MURI
Baca juga: Irene Sukandar kalahkan Dewa Kipas di pertandingan Deddy Corbuzier

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021