"Secara teknis saya juga sudah mempersiapkan diri dengan menganalisis lawan, seperti pembukaan dan cara permainannya,"
Jakarta (ANTARA) - Woman Grand Master (WGM) Medina Warda Aulia berupaya bermain maksimal dengan mengerahkan segenap kemampuan demi nama Indonesia ketika menghadapi pecatur asal Jerman Jana Schneider dalam babak pertama kejuaraan dunia catur wanita FIDE 2021 di Sochi, Rusia, Senin (12/7/2021).

"Di sini saya berfokus untuk bermain maksimal untuk Indonesia," kata Medina dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Pada pertandingan ini, Medina bisa dibilang akan menghadapi lawan yang sepadan jika merunut perhitungan elo rating.

Medina memiliki elo rating 2360, sedangkan Schenider memiliki elo rating 2353. Namun, dari sisi gelar, Medina lebih mentereng karena sudah mengantongi gelar WGM, atau gelar tertinggi di kategori wanita, sedangkan calon lawannya baru bergelar Woman International Master (WIM).

Berdasarkan peringkat dunia, Medina saat ini menempati posisi 4763, sedangkan Schneider berada di posisi 5116.

Medina mengatakan, ia saat ini sudah mempersiapkan diri dengan baik dan juga sudah menganalisis lawan yang nanti akan dihadapi.

"Secara teknis saya juga sudah mempersiapkan diri dengan menganalisis lawan, seperti pembukaan dan cara permainannya," ucap Medina.

Pada kejuaraan FIDE World Cup 2021 ini, Indonesia mengirimkan empat wakil yaitu GM Susanto Megaranto dan IM Mohamad Ervan untuk kategori pria, serta WGM Medina Warda Aulia dan WGM Irene Kharisma Sukandar untuk kategori wanita.

Kejuaraan dunia catur 2021 akan berlangsung mulai 10 Juli hingga 4 Agustus 2021 yang mempertarungkan total 103 atlet catur dari berbagai negara.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021