Jakarta (ANTARA) - Seorang atlet dari Lithuania yang tiba di Jepang pekan ini untuk bertanding di Olimpiade Tokyo dinyatakan positif terpapar virus corona di Hiratsuka, yang menjadi tuan rumah kamp pra-pertandingan delegasi negara tersebut.

Menurut pemerintah kota Hiratsuka, dikutip dari Kyodo, Jumat, perenang putra berusia 30-an itu dinyatakan negatif saat tiba di bandara Haneda Tokyo, Rabu (7/7), tetapi tes reaksi berantai polimerase atau PCR yang dia lakukan pada hari berikutnya setelah berpergian ke Hiratsuka menyatakan positif.

Baca juga: Tiga pemain timnas basket AS positif COVID-19

Dengan dua pekan tersisa hingga pembukaan Olimpiade, para atlet dan ofisial dari berbagai negara telah berdatangan untuk mengikuti kamp pelatihan. Namun, kontrol perbatasan yang diberlakukan untuk mereka mendapat perhatian publik di tengah kekhawatiran terus-menerus bahwa Olimpiade dapat menyebabkan lonjakan kasus COVID-19 lebih lanjut.

Sebelum dinyatakan positif, atlet Lithuania tersebut berlatih di kolam renang, Jumat pagi. Menurut pemerintah kota tersebut, otoritas kesehatan sedang menentukan siapa saja yang melakukan kontak dekat dengan dia.

Hiratsuka akan menjadi tuan rumah bagi total 63 atlet, pelatih, dan ofisial dari Lithuania hingga 5 Agustus.

Baca juga: Olimpiade tanpa penonton, badan olahraga kecewa
Baca juga: Fukushima batalkan acara bisbol akibat lonjakan kasus COVID-19
Baca juga: Anggota tim Olimpiade Uganda positif COVID-19 saat tiba di Jepang

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021