"Untuk bisa lolos ke Piala Dunia, saya telah berjuang melalui jalan panjang. Tak ada alasan untuk takut menghadapi lawan yang lebih tinggi (peringkatnya),"
Jakarta (ANTARA) - Master Internasional (IM) Mohamad Ervan mengatakan, status debutan tak membuat dia gentar menghadapi persaingan di Piala Dunia Catur 2021, tetapi justru jadi motivasi untuk bisa menampilkan permainan terbaik.

"Tentu, saya sudah menyiapkan semuanya," katanya, Jumat, dalam konferensi pers virtual jelang kejuaraan dunia yang akan berlangsung di Sochi, Rusia, 10 Juli-8 Agustus 2021.

Ervan akan mengawali langkahnya di Piala Dunia Catur 2021 berhadapan dengan wakil Uzbekistan Nodirbek Abdusattorov.

Debut Ervan diprediksi tak mudah. Sebab, berdasarkan peringkat dunia, ia yang berada di urutan 3120, terpaut jauh dari lawan yang mengisi posisi 127 dunia.

Meski begitu, Ervan tak gentar. "Untuk bisa lolos ke Piala Dunia, saya telah berjuang melalui jalan panjang. Tak ada alasan untuk takut menghadapi lawan yang lebih tinggi (peringkatnya)," ujar Ervan.

"Secara teknis, saya sudah menganalisis permainan, cara pembukaannya, dan strategi lawan. Saya juga telah meningkatkan kemampuan untuk menghadapinya," kata Ervan menegaskan.

Ervan lolos ke Piala Dunia Catur 2021 setelah menempati peringkat ke-enam dalam Kejuaraan Catur Hibrid Asia Kontinental pada 20-29 Mei 2021.

Ervan adalah satu dari empat wakil Indonesia yang turun dalam ajang dua tahunan tersebut. Tiga lainnya yakni GM Susanto Megaranto, WGM Irene Kharisma Sukandar, dan WGM Medina Warda Aulia.

Baca juga: Percasi: Semangat empat pecatur luar biasa hadapi Piala Dunia 2021
Baca juga: Percasi harap cetak sejarah baru di Piala Dunia Catur 2021
Baca juga: JAPFA tetap jaring pecatur muda di tengah pandemi
Baca juga: GM Susanto optimistis perbaiki pencapaian di Piala Dunia Catur 2021

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021