Port Elizabeth, Afrika Selatan (ANTARA News) - Uruguay menjadi negara pertama yang maju ke perempatfinal Piala Dunia setelah menang 2-1 atas Korea Selatan di Stadion Nelson Mandela Bay di Port Elizabeth, Sabtu.

Gol-gol yang dicetak Luis Suars di babak pertama dan babak kdua membuat Uruguay maju ke perematfinal, dimana negra Amerika Selatan itu akan bertemu dengan Amerika Serikat atau Ghana, yang akan bertanding Sabtu malam di Johannesburg pada 2 Juli. Uruguay terakhir maju ke perempatfinal Piala Dunia tahun 1970, demikian lapor AFP.

Dalam pertandingan babak 16 besar yang berlangsung seru dan disaksikan penonton yang hanya memenuhi tiga perempat tempat dudk stadion tersebut, Korea Selatan hampir mengunguli Uruguay di menit kelima.

Tendangan bebas yang dilakukan Park Chu-Young dari jarak 25 meter melewati tembok pertahanahn Uruguay, tetapi bola membentur tiang gawang sebelah kanan penjaga gawang Fernando Muslera.

Lemahnya lini pertahanan dan buruknya penjga gawang semifinalis 2002, Korea Selatan, membuat Uruguay menguasai pertandingan tiga menit kemudian.

Edinson Cavani merupakan inisiator terjadinya gol itu. Pemain depan Palermo tersebut melambungkan bola untuk memberi umpan Diego Forlan dan penyerang Atletico Madrid itu kemudian memberikan umpan ke mulut gawang Korea Selatan.

Penjaga gawang Jung Sung-Ryong tidak mampu menghentikan bola yang melintas di depannya dan bola kemudian dikuasai Suarez yang kemudian menjebloskan bola ke gawang Korea Selatan.

Kedudukan 1-0 tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez melakukan perubahan di lini pertahanan di babak kedua. Mauricio Victorino menggantikan Diego Godin.

tim asuhan Tabarez itu baru kebobolan satu gol di Afrika Seltan, tetapi mereka harus bekerja keras untuk menahan serbuan para pemain Korea Selatan.

Park Chu-Young melepaskan tendangan voli dari jarak dekat di menit ke-55, tetapi tendangannya itu tidak mnemui sasaran.

Penjaga gawang Lazio, Muslera, berhasil menyelamatkan gawangnya dari sundulan kapten Park Ji-Sung beberapa saat kemudian.

Pada saat hujan mengguyur lapangan pertandingan, Korea Seltan akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-68.

Ki Sung-Yueng melepaskan tendangan bebas melambung dari jarak 30 meter ke daerah penalti dan disambut sundulan pemain Bolton, Lee Chung-Yong, yang tidak mampu diselamatkan bek Uruguay Vacile sebelum bola masuk ke gawang.

Tetapi, 12 menit kemudian Uruguay kembali unggul.

Sepak pojok dari sisi kanan yang dilakukan Forlan mengarah kepada Suarez, yang kemuian melepaskan tembakan kaki kanannya dari sisi kiri yang menjebol gawang Jung Sung-Ryong.

Dengan pertandingan tinggal tiga menit, Korea Selatan hampir membuat perpanjangan waktu pertandingan, ketika Muslera gagal menangkap tendangan pemain pengganti Lee Dong-Gook.

Pada saat bola bergerak lamban di tempat yang kosong, kapten Uruguay Diego Leguano membuang bola untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan. (S005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010