Mimpi saya ketika kecil adalah memenangi satu etape di Tour de France dan saya bekerja keras untuk itu
Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda asal Inggris Mark Cavendish menyamai rekor pebalap Belgia Eddy Merckx dengan meraih 34 kemenangan etape di Tour de France setelah ia memacu sepedanya sprint menuju kemenangan di etape 13 di Carcassonne, Jumat.

Pebalap tim Deceuninck-Quick Step itu dengan sempurna memanfaatkan kerjasama rekan-rekan satu timnya yang memimpin peloton di beberapa kilometer terakhir untuk mengklaim kemenangan etape keempatnya di Tour tahun ini setelah menyelesaikan rute 219,9km dari Nimes Carcassonne.

Cavendish finis di depan pemimpin timnya, Michael Morkov dari Denmark, sedangkan pebalap Belgia Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix) finis ketiga, demikian Reuters.

Baca juga: Juara etape 6, Cavendish dekati rekor kemenangan etape Tour de France

Pebalap Slovenia Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) mempertahankan jersey kuning untuk pimpinan klasemen umum. Pebalap Kolombia Rigoberto Uran (EF Education-Nippo) terpaut 5 menit 18 detik di peringkat kedua dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) empat detik berselang di peringkat tiga.

"Mereka luar biasa, saya tidak percaya. Saya berada di limit hingga akhir, sedikit menanjak, Balle (rekan satu tim Davide Ballerini) di sana, dan kemudian (Ivan Garcia) Cortina tertinggal dan Morkov membawanya kembali," kata Cavendish, yang terakhir kali ambil bagian di Tour pada 2018 dan kewalahan mencapai hasil baik di tiga tahun terakhir.

Ketika ditanya soal rekor Merckx, Cavendish mengatakan: "Saya tidak menyadarinya, ini tetap saja satu kemenangan lain di Tour de France.

"Mimpi saya ketika kecil adalah memenangi satu etape di Tour de France dan saya bekerja keras untuk itu. Jika salah satu dari kemenangan saya bisa menginspirasi anak-anak untuk membalap di Tour de France itu akan sangat berarti bagi saya."

Di saat Cavendish mengklaim kemenangannya dengan sprint di akhir etape datar, Merckx berjaya di semua medan.

Dia juga memegang rekor lima titel Tour de France, tiga jersey hijau untuk klasifikasi poin dan memenangi kategori tanjakan dua kali di tujuh Tour antara 1969 hingga 1977.

"Tidak ada pebalap yang sebanding dengan Eddy Merckx," kata Cavendish.

Baca juga: Politt juarai etape ke-12 Tour de France, Pogacar tetap jersey kuning
Baca juga: Pogacar tunjukkan kelemahan awal saat Van Aert klaim etape 11

Penerjemah: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021