LSM ajak masyarakat manfaatkan Idul Adha kurangi sampah plastik

LSM ajak masyarakat manfaatkan Idul Adha kurangi sampah plastik

Peluncuran gerakan “Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik” beberapa waktu lalu. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Belantara Foundation mengajak masyarakat memanfaatkan momen Idul Adha untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

“Kami mendukung aksi pengurangan sampah plastik. Momen Idul Adha menjadi salah satu kesempatan untuk mengajak lebih banyak orang menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan,” ujar Direktur Eksekutif Belantara Foundation, Dr Sri Mariati, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: KLHK: Timbulan sampah plastik di laut turun beberapa tahun terakhir

Baca juga: Dompet Dhuafa ajak masyarakat gerakkan "Kurban Asik tanpa Plastik"


Dia menyambut baik penyelenggaraan “Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik” yang dapat menjadi upaya sinergis untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup dan konservasi lainnya.

Gerakan “Kurban Asik Tanpa Sampah Plastik” diinisiasi oleh Klaster Filantropi Lingkungan Hidup dan Konservasi (KFLHK). Melalui gerakan itu diharapkan dapat menekan tingginya pemakaian plastik saat melakukan pendistribusian daging kurban.

GM Advokasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa, Arif Rahmadi Haryono mengatakan semangat keberagaman dalam perayaan Idul Adha sejatinya selaras dengan semangat pelestarian lingkungan.

Meski demikian, dia masih melihat banyak masyarakat Indonesia belum menyadari bahayanya sampah plastik bagi lingkungan.

Melalui gerakan itu diharapkan dapat mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam penggunaan plastik yang tidak dapat didaur ulang, terutama di momen Idul Adha.

“Masyarakat didorong untuk mengganti wadah daging kurban yang ramah lingkungan, secara langsung kami juga berharap ada upaya masyarakat untuk menjaga kelestarian wilayah masing-masing,” ucapnya.

Baca juga: KLHK: Perlu kesadaran masyarakat untuk tekan sampah plastik

Ia juga memberikan materi edukasi untuk menyukseskan gerakan tersebut. Materi edukasi juga telah disediakan agar dapat menyebarluaskan informasi lebih cepat. Gerakan itu juga meliputi kompetisi pembuatan video terkait inisiatif masyarakat untuk menggunakan bahan ramah lingkungan sebagai wadah daging kurban.

“Kami berharap melalui gerakan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengurangi penggunaan plastik, tidak hanya saat Idul Adha, tapi juga dalam keseharian," imbuh Arif.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jasa pembuatan abon dari daging kurban kebanjiran pesanan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar