Venice (ANTARA) - G20 telah membuat kemajuan besar dalam reformasi pajak bisnis, dengan setiap anggota klub ekonomi besar itu mendukung kesepakatan untuk menghentikan perusahaan multinasional mengalihkan keuntungan ke negara pengena pajak rendah, Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz mengatakan pada Sabtu .

"Hari ini, kami melihat bahwa semua negara yang berkumpul di sini akan mendukung proses internasional ini dalam menemukan cara untuk perpajakan minimum," kata Scholz kepada wartawan pada pertemuan para menteri keuangan G20 di Venesia.

Ditanya tentang rencana pungutan digital Uni Eropa, Scholz mengatakan solusi global adalah yang dibutuhkan.

Sementara itu Menteri Keuangan AS Janet Jellen mengatakan pada Sabtu bahwa kesepakatan pajak perusahaan global baik bagi semua negara dan akan membantu meningkatkan pendapatan pajak dengan mengakhiri lomba menurunkan pajak serendah mungkin di negara-negara yang bersaing untuk memangkas tingkat pajak.

Dia mengatakan tak penting bahwa setiap negara bergabung dalam kesepakatan itu namun menambahkan bahwa kekhawatiran dari negara-negara yang tak setuju akan diatasin dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia laporkan rekor kematian harian COVID-19

Baca juga: Kasus harian COVID-19 di Malaysia capai 9.180

 

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021