IUI untuk bantu atasi masalah infertilitas

IUI untuk bantu atasi masalah infertilitas

Ilustrasi ibu hamil (pixabay) (pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Infertilitas merupakan ketidakmampuan pasangan untuk hamil sekurang-kurangnya 12 bulan meskipun telah berhubungan seksual teratur tanpa kontrasepsi.

Penyebab infertilitas sendiri bermacam-macam, mulai dari gaya hidup hingga penyakit infeksi dan imunologi. Karena itu, infertilitas perlu penanganan khusus seperti pengobatan infeksi pada organ reproduksi, mengubah gaya hidup sehat hingga mengikuti program kehamilan.

Salah satu dari program kehamilan adalah inseminasi buatan atau Intrauterine Insemination (IUI).

Baca juga: Waspadai Endometriosis Pada Perempuan

Bila in-vitro fertilization (IVF) adalah proses rumit di mana telur dikeluarkan menggunakan jarum dengan prosedur pembedahan dan kemudian dibuahi di luar tubuh dengan sperma, setelah itu, embrio ditempatkan ke dalam rahim, maka hal yang berbeda dilakukan pada program IUI.

IUI merupakan program kehamilan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm) dengan sel telur secara natural di dalam rahim. Tujuannya yakni meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma.

Salah satu fasilitas kesehatan yang menyediakan tindakan inseminasi buatan atau IUI adalah RSIA Mama yang berlokasi di Jalan Lembing Kampus Kota Palembang.

Pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 RSIA Mama Palembang meresmikan pembukaan Klinik Fertilitas Indonesia. Masyarakat Palembang kini tidak perlu pergi jauh untuk melakukan program kehamilan. Selain tindakan inseminasi buatan atau IUI di Klinik Fertilitas Indonesia RSIA Mama juga bisa melakukan pemerikasaan analisa sperma dan tentunya konsultasi program kehamilan.

Klinik Fertilitas Indonesia selain berdiri di Kota Palembang, ada di kota besar lainnya seperti Solo, Sragen, Jakarta, Serang, Lampung, Samarinda dan kota-kota lainnya. Akan segera menyusul di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

“Sesuai dengan visi misi, bahwa kami ingin membantu lebih banyak pasutri untuk mewujudkan mimpi memiliki buah hati. Karenanya, hari ini Klinik Fertilitas Indonesia secara resmi hadir di RSIA Mama Palembang” ujar Kemal Pasha Siagian sebagai Head of Klinik Fertilitas Indonesia melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

RSIA Mama sudah berdiri sejak tahun 2015, setelah sebelumnya dikenal sebagai Klinik Bersalin Mama yang telah berdiri sejak tahun 2003. Karenanya, dari segi pelayanan sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Klinik Fertilitas Indonesia merupakan layanan terbaru dari RSIA Mama yang ditujukan kepada pasangan yang memimpikan hadirnya buah hati di tengah keluarganya.

“Untuk mewujudkan mimpi tersebut serta melengkapi kebahagiaan mereka, RSIA Mama hadir dengan sepenuh hati untuk membantu para pasutri demi memiliki buah hati. Karenanya dengan visi misi yang sama kami berharap dengan diresmikannya Klinik Fertilitas Indonesia di RSIA Mama, yang merupakan Klinik Fertilitas Indonesia pertama di Palembang, lebih banyak pasutri terkhusus kota Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya yang dapat terbantu.” lanjut dr. Hariya Romiza, SpOG sebagai Kepala Fertilitas Indonesia RSIA Mama Palembang.

Baca juga: Morula IVF Indonesia kerja sama dengan RSIA Restu Ibu Sragen

Baca juga: Morula IVF Indonesia buka layanan fertilitas di RS Indriati Solo

Baca juga: Terobosan studi perkembangan manusia, ilmuwan temukan iBlastoid

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pandemi COVID-19, ibu hamil tetap perlu rutin periksakan kandungan 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar