RSUP M Djamil Padang tambah 86 tempat tidur COVID-19

RSUP M Djamil Padang tambah 86 tempat tidur COVID-19

Wagub Sumbar Audy Joinaldy tinjau RSUP M Djamil. (ANTARA/Dokumentasi Apim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang menambah 86 tempat tidur ICU untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus positif COVID-19 di Sumatera Barat.

"RSUD M Djamil adalah rujukan utama untuk kasus-kasus berat COVID-19 di Sumbar karena itu kita pastikan kesiapannya, diantaranya untuk tempat tidur, ICU dan ketersediaan oksigen," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat meninjau RSUP M Djamil Padang, Ahad.

Meski telah ada penambahan tempat tidur untuk pasien COVID-19, namun ada kendala baru yang terjadi yaitu kurangnya sumber daya manusia kesehatan yang bertugas di ruangan-ruangan baru tersebut.

Audy mengatakan akan segera menggelar rapat koordinasi dengan rumah sakit yang ada di Sumatera Barat serta pihak terkait untuk membahas hal tersebut supaya kendalanya bisa segera teratasi.

Baca juga: Padang dekati zona merah COVID-19, warga diimbau di rumah saja

Baca juga: FK Unand edukasi masyarakat seputar vaksin COVID-19 di mall


Sementara itu Dirut RSUD M Djamil Padang Dr. dr. Yusirwan, SpB, SpBA (K ) MARS mengatakan penambahan tempat tidur di Rumah Sakit tersebut semuanya khusus ICU.

RSUP M.Djamil juga mendapatkan bantuan delapan unit ventilator dari Kementerian untuk mengantisipasi lonjakan kasus yang ditakutkan terjadi karena telah masuknya virus COVID-19 varian baru ke Sumbar.

Terkait ketersediaan oksigen, ia mengatakan dalam sebulan terakhir terjadi lonjakan kebutuhan hingga 800 persen. Kendala dalam penyediaan oksigen adalah pemasok untuk RSUD M Djamil berasal dari Dumai sehingga untuk transportasi agak terganggu.

"Terakhir kami dibantu pihak kepolisian untuk mengawal pengiriman oksigen dari Dumai sehingga kebutuhan bisa tetap tercukupi," katanya.

M Djamil juga mendapatkan bantuan subsidi dari pusat untuk pengadaan alat pengatur distribusi oksigen di RS untuk memaksimalkan oksigen bagi pasien COVID-19.

Kedatangan Wagub didampingi Kepala Dinas Kominfo Sumbar selaku Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi, Kepala Satpol PP Sumbar Dedy Diantolany dan beberapa pejabat lainnya.*

Baca juga: Polda Sumbar buka 186 gerai vaksinasi COVID-19 gratis

Baca juga: Semen Padang FC minta kepastian bergulirnya kompetisi Liga 2

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

RSUP M Djamil Padang vaksinasi dosis ketiga untuk nakes

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar