Sentra vaksinasi di bandara AP II juga bertujuan untuk mendukung percepatan program vaksinasi nasional guna mewujudkan kekebalan komunal di tengah pandemi
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan bahwa sentra vaksinasi Covid-19 oleh bandara-bandara AP II pada 3 - 10 Juli 2021 telah melayani vaksinasi bagi 15.802 orang penumpang pesawat, di mana yang terbanyak ada di sentra vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta yakni sekitar 11.000 orang penumpang pesawat.

“Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, serta berperan vital dalam menjaga konektivitas udara. Kami membuka dua sentra vaksinasi yakni di Terminal 2 dan Terminal 3 untuk mengakomodir calon penumpang pesawat yang harus melakukan perjalanan mendesak di tengah PPKM darurat,” kata Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Minggu.

Muhammad Awaluddin mengatakan, sentra vaksinasi ini bertujuan untuk mendukung penerapan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19 yang diberlakukan pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Selain itu, sentra vaksinasi di bandara AP II juga bertujuan untuk mendukung percepatan program vaksinasi nasional guna mewujudkan kekebalan komunal di tengah pandemi. Menurut dia, perseroan bersama pemangku kepentingan lainnya memastikan ketentuan di dalam peraturan tersebut selalu dipenuhi dengan baik.

“Sebagai upaya kami mendukung SE Nomor 45/2021 di tengah PPKM Darurat Jawa - Bali, maka bandara-bandara AP II membuka sentra layanan vaksinasi agar calon penumpang pesawat yang harus melakukan perjalanan mendesak dapat memenuhi protokol kesehatan sesuai yang dipersyaratkan, dan sektor transportasi udara juga dapat tetap berkontribusi dalam menjaga konektivitas udara Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: AP II dukung percepatan vaksinasi COVID
Baca juga: Angkasa Pura II siapkan 3.500 dosis vaksin per hari di bandara


Seperti diketahui, di tengah PPKM Darurat Jawa - Bali, calon penumpang pesawat harus menunjukkan kartu vaksinasi dan tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan, bagi mereka dengan tujuan menuju/dari Jawa dan Bali.

Lanjut dia, operasional sentra vaksinasi di 18 bandara AP II hingga 10 Juli 2021 berjalan lancar berkat dukungan seluruh stakeholder seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), maskapai, TNI AU, Polri, Dinas Kesehatan, Pemerintah Provinsi, dan lain sebagainya.

Sentra Vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta juga beroperasi sepanjang hari melayani jadwal penerbangan 24 jam, yakni pukul 08.00 - 17.00 WIB dan 22.00 - 03.00 WIB (Terminal 2), serta 08.00 - 17.00 WIB dan 20.00 - 01.00 WIB (Terminal 3).

Di sisi lain, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mengalami penurunan penumpang hingga sekitar 70 persen setiap harinya pada PPKM Darurat Jawa - Bali dibandingkan dengan sebelum berlakunya PPKM Darurat tersebut.

Secara kumulatif, jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara yang dikelola AP II mengalami penurunan hingga 75 persen setiap harinya pada periode PPKM Darurat.

Baca juga: AP II buka sentra vaksinasi di Bandara Minangkabau
Baca juga: 16.000 anggota komunitas bandara AP II telah divaksinasi


Muhammad Awaluddin menambahkan, penumpang pesawat yang melakukan penerbangan di periode PPKM Darurat ini memang hanya mereka yang memiliki keperluan mendesak.

“Protokol kesehatan bagi penumpang pesawat cukup ketat, sehingga mereka yang melakukan perjalanan memang hanya memiliki keperluan mendesak. Di bandara-bandara AP II penerapan SE Menhub Nomor 45/2021 di tengah PPKM Darurat Jawa - Bali berjalan lancar dan mampu mengurangi mobilitas, terlihat dari jumlah pergerakan penumpang yang turun hingga 75 persen,” ujar Muhammad Awaluddin.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta dr. Darmawali Handoko mengatakan bahwa operasional sentra vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan sesuai prosedur.

“Operasional sentra vaksinasi di Terminal 2 dan 3 Bandara Soekarno-Hatta dilakukan dengan pengawasan dari KKP Kelas I Soekarno-Hatta untuk mendukung protokol kesehatan pelaku perjalanan dalam negeri yang berlaku saat ini,” kata Darmawali.

Baca juga: AP II dan KKP Kemenkes buka vaksinasi gratis bagi seluruh karyawan
Baca juga: AP II jelaskan prosedur kedatangan pelaku perjalanan internasional

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2021