Jakarta (ANTARA) - Luke Shaw memecahkan rekor sebagai pencetak gol tercepat di sebuah partai final Euro saat ia membawa Inggris memimpin atas Italia dalam laga puncak Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Laman resmi UEFA mencatat Shaw mencetak golnya tepat pada satu menit dan 57 detik setelah sepak mula pertandingan.

Dengan catatan waktu itu, ia melampaui rekor gol tercepat final Euro yang sebelumnya atas nama Chus Pereda untuk Spanyol pada menit keenam dalam final Euro 1964 kontra Uni Soviet.

Baca juga: Susunan pemain final Euro 2020: Inggris beralih ke skema tiga bek

Gol itu bermula dari keberhasilan Inggris mengantisipasi situasi sepak pojok Italia, tetapi tim besutan Gareth Southgate tidak terburu-buru melakukan serangan balik.

Perjudian Southgate melakukan satu pergantian susunan pemain dibandingkan semifinal dengan memasukkan Kieran Trippier juga berbuah manis, sebab bek sayap Atletico Madrid itu lah yang mengirimkan assist untuk gol Shaw.

Trippier dengan cermat menyaksikan pergerakan Shaw yang berdiri relatif tanpa kawalan di area tiang jauh dan mengirimkan umpan silangnya yang cukup akurat.

Dengan waktu yang cukup leluasa, Shaw melepaskan tembakan voli yang sempat membentur tiang sebelum bersarang ke gawang Italia memperdaya kiper Gianluigi Donnarumma.

Gol itu sekaligus gol perdana Shaw bersama The Three Lions dan memperbesar harapan publik Wembley yang tentunya menginginkan Inggris mengangkat trofi Henri Delauney ketika pertandingan final berakhir.

Baca juga: Pangeran William beri dukungan Inggris bawa pulang trofi Euro 2020
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021