Fakta-fakta milyarder Richard Branson yang meroket ke luar angkasa

Fakta-fakta milyarder Richard Branson yang meroket ke luar angkasa

Richard Branson. (REUTERS/JOE SKIPPER)

Jakarta (ANTARA) - Pengusaha Inggris Richard Branson terbang ke luar angkasa pada penerbangan uji hari Minggu (11/7) dengan Virgin Galactic Holdings Inc miliknya, mengalahkan sesama calon astronot miliarder dan pendiri Amazon.com Jeff Bezos.

Peluncuran pesawat roket VSS Unity Virgin Galactic di atas gurun New Mexico akan menandai misi uji pertama perusahaan pariwisata ruang angkasa di luar atmosfer Bumi untuk membawa penjelajah ruang angkasa yang lengkap.

Mengutip Reuters, Senin, berikut perjalanan Branson dari membangun bisnisnya hingga terbang ke luar angkasa.

Memulai bisnis pertama di usia 15 tahun

Branson lahir pada tanggal 18 Juli 1950 di Britania Raya. Ia lahir dari pasangan Eve yang merupakan seorang pramugari British South American Airways dan Ted Branson yang merupakan mantan perwira kavaleri.
 
Pada tahun 1960-an, Branson memulai usaha bisnis pertamanya yaitu menjual sebuah majalah siswa pada usia 15 tahun. Sayangnya, Branson dikeluarkan dari sekolah Stowe.

Mendirikan Virgin Group

Setelah memulai bisnis pertamanya, Branson memulai perusahaan Virgin pertama. Perusahaan ini merupakan bisnis yang bergerak dibidang surat lewat pos. Kini, Virgin Group telah mengoprasikan lebih dari 40 perusahaan di 5 sektor bisnis dan 5 benua.

Di tahun 1973, Branson meluncurkan label Virgin Records yang akan mewakili Sex Pistols, Rolling Stones, Janet Jackson, Smashing Pumpkins dan Spice Girls.

Baca juga: Richard Branson ke luar angkasa 11 Juli, dahului Jeff Bezos

Membeli Pulau Necker di Karibia

Di tahun 1978, Branson membeli Pulau Necker di Karibia seharga 180.000 dolar AS. Namun, ia membeli pulau ini dengan syarat akan membangun resor dalam waktu empat tahun di sana.

Meluncurkan maskapai Virgin Atlantic

Di tengah kesuksesannya, Branson terus mengembangkan bisnisnya itu. Pada tahun 1984, ia meluncurkan maskapai Virgin Atlantic.

Setelah itu pada tahun 1985, Branson mencoba membuat kapal tercepat yang pernah melintasi Atlantik. Sayangnya, kapal itu terbalik 140 mil (225,31 km) di lepas pantai Inggris.

Mengembangkan Virgin Group ke berbagai sektor

Dalam upayanya mengembangkan Virgin Group, Branson menjual Rekaman Virgin ke Thorn EMI seharga 1 miliar dolar AS pada tahun 1992.

Kemudian di tahun 1999, Branson meluncurkan Layanan telepon seluler Virgin di Inggris, yang kemudian diperluas ke Australia, Amerika Serikat, dan Kanada

Berkat kesuksesannya itu, Branson menerima gelar kebangsawanan untuk layanan kewirausahaan di tahun 2000.

Luncurkan bisnis pariwisata ruang angkasa

Setelah menerima gelar karena kesuksesannya, Branson terus melebarkan sayap bisnisnya. Ia bahkan meluncurkan bisnis pariwisata ruang angkasa komersil pertama yaitu Virgin Galactic pada tahun 2004.

Tahun 2013, kapal yang berkapasitas enam penumpang Virgin Galactic, yang disebut VSS Enterprise, melakukan penerbangan bertenaga pertamanya.

Naas, setahun kemudian pesawat ruang angkasa penumpang Virgin Galactic jatuh saat uji terbang, menewaskan satu pilot dan melukai yang lain. Meskipun sempat mengalami kegagalan, namun di tahun ini Virgin Galactic menerima persetujuan dari regulator keselamatan penerbangan AS untuk menerbangkan orang ke luar angkasa. Dengan adanya persetujuan ini, Branson pun melakukan perjalanan ke tepi ruang angkasa pada penerbangan uji perusahaan tanggal 11 Juli kemarin.

Baca juga: Miliarder Richard Branson sukses ke angkasa dengan Virgin Galactic

Baca juga: Richard Branson bersiap ke luar angkasa akhir pekan ini

Baca juga: Richard Branson tak sabar keluar angkasa

Penerjemah: Lifia Mawaddah 
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

China luncurkan satelit Zhongxing-2E

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar