Ini sebuah langkah positif bagi Gojek ataupun AirAsia untuk bisa mengembangkan lini bisnisnya di Thailand dan ASEAN....
Jakarta (ANTARA) - Peneliti di Center of Digital and Innovation Economy Indef Nailul Huda menilai kolaborasi Gojek dan AirAsia Group akan berdampak positif untuk pengembangan lini bisnis super apps on demand itu di pasar Thailand maupun ASEAN.

Menurut dia, lini bisnis seperti transportasi daring maupun layanan logistik dan e-commerce yang dikembangkan masing-masing perusahaan akan semakin bertumbuh ke depan.

"Ini sebuah langkah positif bagi Gojek ataupun AirAsia untuk bisa mengembangkan lini bisnisnya di Thailand dan ASEAN. Kolaborasi dengan AirAsia ini akan lebih memperkuat bisnis Gojek sehingga dapat melanjutkan ekspansinya, tidak hanya di Thailand tapi di negara ASEAN lainnya," kata Nailul di Jakarta, Senin.

Baca juga: CEO AirAsia sebut Gojek sebagai unicorn Asia Tenggara yang dihormati

Nailul mengatakan kolaborasi baru Gojek dengan AirAsia Group, setelah sebelumnya membentuk GoTo bersama Tokopedia, menjadi strategis bagi Gojek dalam menghadapi persaingan ketat di sektor transportasi daring dan layanan pesan-antar makanan, khususnya dengan Grab.

Sementara itu, menurut dia, keputusan Gojek untuk mendorong ekspansi ke Singapura dan Vietnam juga bakal membawa dampak besar bagi Gojek ataupun bagi Indonesia pada umumnya.

Salah satunya adalah peningkatan nilai valuasi Gojek seiring dengan pangsa pasar yang terus berkembang di pasar Asia Tenggara.

"Investasi perusahaan teknologi asal Indonesia juga ikut meningkat seiring dengan berkembangnya pangsa pasar perusahaan teknologi nasional di kancah regional. Hal itu juga akan sangat positif," ujarnya.

Baca juga: GoPay beri potongan hingga 50 persen untuk belanja hingga investasi

Sebelumnya, AirAsia Group melalui anak usahanya Airasia Digital telah mengumumkan untuk mengambil alih operasional Gojek di Thailand. Sebagai bagian dari kolaborasi itu, Gojek akan menjadi salah satu pemegang saham di super app Airasia miliki AirAsia Group.

Bahkan Bos Airasia Group Tony Fernandes ikut menyebut kolaborasi dengan Gojek, perusahaan teknologi paling bernilai di Asia Tenggara itu, sebagai mimpi yang menjadi kenyataan.

"Gojek merupakan salah satu inspirasi saya, satu-satunya unicorn di Asia Tenggara yang saya hormati. Yang lebih penting lagi, ini merupakan dukungan dari salah satu perusahaan teknologi terpintar di Asia Tenggara," kata Tony seperti dikutip dari laman sosial media -Linkedin, Tony Fernandes.

Chief Executive Officer (CEO) Gojek Kevin Aluwi menambahkan kesepakatan ini merupakan bukti pencapaian tim Gojek di Thailand, yang telah mengembangkan bisnis dari nol hingga menjadi penyedia layanan yang mempermudah hidup ratusan ribu orang.

"Bisnis ini berhasil dibangun berkat talenta dan semangat yang luar biasa. Setelah kemitraan ini seluruh karyawan Gojek di Thailand akan terus bekerja sama dengan AirAsia di masa transisi," katanya.
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021