DKI, Hippindo dan Tokopedia buka sentra vaksinasi UMKM

DKI, Hippindo dan Tokopedia buka sentra vaksinasi UMKM

Tahap pertama program vaksinasi UMKM Tokopedia bersama Hippindo ini berlaku untuk penjual asal DKI Jakarta di Tokopedia yang telah mendaftarkan diri melalui aplikasi Tokopedia. Pendaftar hanya perlu mengisi informasi sesuai KTP dan nama toko. ANTARA/HO-Tokopedia.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) serta Tokopedia berkolaborasi membuat sentra vaksinasi COVID-19 bagi pelaku UMKM mulai Senin (12/7) hingga Sabtu (17/7) dan 2 Agustus di gedung SMESCO, Jakarta Selatan, untuk mempercepat vaksinasi.

"Hingga saat ini, Pemprov DKI Jakarta sudah berhasil memberikan lebih dari 7 juta dosis vaksin pertama dan kedua. Harapannya, sesuai permintaan Presiden RI, akhir Agustus 2021 ini penyaluran vaksin di DKI Jakarta bisa mencapai 7,5 juta vaksin, maka kolaborasi Pemprov DKI dengan mitra strategis sangat penting untuk mempercepat vaksinasi nasional bagi masyarakat Indonesia, termasuk UMKM DKI Jakarta,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam keterangannya, Senin.

Pemberian vaksinasi khusus mitra UMKM Tokopedia bersama Hippindo ini diharapkan bisa membantu para pelaku UMKM mendapatkan kekebalan tubuh dari virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Tokopedia tindak tegas penjual obat penanganan COVID-19 melebihi HET

Baca juga: GoTo dinilai berpeluang tingkatkan ekonomi digital nasional


Ini juga merupakan langkah memberikan perlindungan bagi para pelaku UMKM yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia.

"Akselerasi vaksinasi masyarakat menjadi sangat krusial untuk mencapai target vaksinasi nasional yang harapannya bisa terealisasi akhir tahun ini. Kolaborasi ini sejalan dengan semangat pemerintah dalam memprioritaskan kesehatan pelaku usaha, termasuk UMKM, dan masyarakat luas lewat vaksinasi. Harapannya, langkah ini bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional,” ujar Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah.

Untuk tahap pertama program vaksinasi UMKM Tokopedia bersama Hippindo ini berlaku untuk penjual asal DKI Jakarta di Tokopedia yang telah mendaftarkan diri melalui aplikasi Tokopedia. Pendaftar hanya perlu mengisi informasi sesuai KTP dan nama toko memilih jadwal dan menerima vaksin di jadwal yang telah ditentukan.

Tokopedia berharap dengan pemberian vaksinasi bagi para mitranya itu, maka para pelaku UMKM bisa lebih produktif menjalankan kegiatannya untuk mendukung pemulihan ekonomi negara di masa pandemi ini.

"Penjual di Tokopedia hampir 100%nya UMKM. Program vaksinasi gratis ini diharapkan dapat lebih melindungi mitra strategis kami, dalam hal ini UMKM, dari pandemi COVID-19 sehingga mereka bisa terus berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi. Upaya bersama ini juga bertujuan membantu pemerintah mengakselerasi distribusi vaksin,” kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni.

Rencananya program vaksinasi ini juga akan digelar di beberapa kota besar lainnya di Indonesia. Selain mendukung program vaksinasi khusus untuk UMKM, Tokopedia juga telah melakukan berbagai upaya demi membantu penanganan pandemi COVID-19.

Praktiknya seperti Tokopedia telah menetapkan kebijakan pengendalian harga obat dan kebutuhan terkait penanganan COVID-19. Ini juga sejalan dengan keputusan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang harga eceran tertinggi (HET) 11 obat yang banyak digunakan selama pandemi.

Baca juga: GoTo dinilai sudah penuhi kualifikasi perlindungan data pribadi

Baca juga: Kisah dua pelaku UMKM lestarikan budaya Betawi lewat platform digital


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

UMKM dan gebyar vaksinasi meriahkan pembukaan PON klaster Merauke

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar