Anti Hoax

"Program Ahok" bantu pengobatan pasien COVID-19? Cek Faktanya!

"Program Ahok" bantu pengobatan pasien COVID-19? Cek Faktanya!

Arsip - Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (kiri) didampingi Dirut Nicke Widyawati (kanan) dan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, berjalan meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan usai menemui Presiden Joko Widodo, di Jakarta, Senin (9/12/2019). Presiden memerintahkan manajemen Pertamina untuk meningkatkan pengawasan penyimpangan BBM bersubsidi. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama

Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar pesan berantai berisi informasi tentang layanan bernama "Program Ahok", yang diklaim dapat membantu pengobatan pasien COVID-19.

Informasi layanan mengatasnamakan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok itu tersebar melalui WhatsApp. 

Disebutkan dalam pesan tersebut, hanya perlu membayar Rp3.000 hingga Rp5.000 untuk mendapatkan bantuan pengobatan COVID-19 dari Program Ahok.

Berikut potongan narasi yang beredar:
"Program Ahok (Basuki-BTP) membantu banget dalam pengobatan org yg terpapar covid ini. Harap simpan berita ini dan bagikan buat yg perlu, hanya cukup bayar 3rb - 5rb sudah dpt semua".

Namun, benarkah "Program Ahok" bantu pengobatan pasien COVID-19?


Penjelasan:
Basuki Tjahaja Purnama, melalui unggahan di Instagram Story akun @basukibtp pada Senin (12/7), menyatakan pesan berantai menyebut "Program Ahok" itu berisi informasi tidak benar.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, dalam Instagram Story-nya, terlihat memuat tangkapan layar berisi narasi soal Program Ahok dan turut membubuhkan kata "HOAX" dalam pesan berantai tersebut.

Klaim: "Program Ahok" bantu pengobatan pasien COVID-19
Rating: Salah/Hoaks
 
Tangkapan layar pesan berantai berisi klaim Program Ahok yang disebut memberi bantuan pengobatan pasien COVID-19. (WhatsApp)


Baca juga: Stafsus: Fasilitas kartu kredit di BUMN untuk kepentingan usaha

Cek fakta: Jokowi copot Prabowo dan masukkan Ahok ke kabinet? Ini faktanya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hoaks Atau Benar - Teh lemon cegah kematian akibat COVID-19 di Vietnam? Ahok beri program bantu pasien COVID-19?

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar