Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan bahwa sepak bola selalu membutuhkan suporter untuk mencapai prestasi.

Pernyataan tersebut disampaikan Iriawan melalui akun Youtube PSSI TV, dikutip di Jakarta, Senin, dalam rangka memperingati Hari Suporter Nasional ke-21 yang jatuh pada 12 Juli 2021.

"Suporter adalah pemain ke-12. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia," ujar pria yang biasa disapa Iwan Bule itu.

Iriawan juga menekankan kemajuan sepak bola bergantung pada kekompakan para suporter.

Baca juga: Ketum PSSI berikan pujian khusus kepada suporter saat kongres 

Menurut dia, PSSI memiliki asa agar semua pendukung sepak bola di Indonesia tidak lelah memberikan dukungan positif kepada klub kesayangan dan tim nasional Indonesia.

"Semoga dengan dukungan suporter, sepak bola kita kembali berjaya. Selamat Hari Suporter Nasional," tutur Iriawan.

Hari Suporter Nasional pertama kali dideklarasikan di Jakarta pada 12 Juli 2000 di Kantor Redaksi Tabloid Bola, Jakarta.

Orang yang pertama kali mengeluarkan gagasan soal hari khusus suporter tersebut adalah seorang penulis bernama Bambang Haryanto.

Gagasan itu pun kemudian mendapatkan dukungan dari berbagai kelompok suporter, diantaranya Bonek, Pasoepati, Aremania, The Jakmania, Viking dan lain-lain. 

Baca juga: PSSI targetkan Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 2022 
Baca juga: Liga Indonesia ditunda, Menpora minta pecinta sepak bola bersabar 
Baca juga: Klub-klub Liga 1 tunggu kebijakan PSSI-LIB setelah kompetisi ditunda 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021