Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic menjadi pemain pertama yang lolos ke Final ATP tahun ini setelah petenis nomor satu dunia itu menyamai rekor Roger Federer dan Rafael Nadal dengan gelar turnamen utama tenis ke-20 di Wimbledon, Minggu.

Djokovic mengalahkan petenis Italia Matteo Berrettini 6-7(4) 6-4 6-4 6-3 di final untuk memastikan gelar Wimbledon keenam dan lolos ke Final ATP yang akan digelar pada 14-21 November 2021 di Turin, Italia.

"Saya senang bisa lolos ke Turin (Final ATP) secepat ini," kata Djokovic dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters, Senin.

"Penggemar Italia sangat menyukai tenis, jadi saya yakin ini akan menjadi turnamen yang hebat dengan atmosfer yang fantastis," kata petenis yang akan memainkan Final ATP untuk ke-14 kalinya itu.

Baca juga: Djokovic juarai Wimbledon 2021, catatkan gelar Grand Slam ke-20

Dalam turnamen tersebut, petenis Serbia itu pun bertekad memenangkan final musim untuk keenam kalinya dengan tujuan menyamai rekor Federer.

Djokovic yang berusia 34 tahun itu juga berambisi kembali finis peringkat pertama dunia untuk ketujuh kalinya setelah memenangkan 34 dari 37 pertandingan sepanjang tahun ini.

Sementara itu, petenis Yunani Stefanos Tsitsipas yang menyabet gelar juara Final ATP 2019 merupakan pemain kedua yang lolos ke Final ATP tahun ini, diikuti oleh Berrettini.

Rafael Nadal, Daniil Medvedev, Andrey Rublev, Alexander Zverev dan Jannik Sinner masuk dalam peringkat 12 Besar dengan empat bulan tersisa di musim reguler ATP Tour.

Baca juga: Saya percaya saya yang terbaik, kata Djokovic

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021